Sabtu 19 Aug 2023 18:57 WIB

Bersaing Ketat dengan Vinales, Bagnaia Raih Pole MotoGP Austria

Ini merupakan pole ke-16 yang dikoleksi Bagnaia sepanjang kariernya di MotoGP.

Pembalap MotoGP asal Italia Francesco Bagnaia dari Tim Ducati Lenovo. Bagnaia merebut pole kelimanya musim ini usai jadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Austria, Sabtu (19/8/2023).
Foto: AP Photo/Bradley Collyer
Pembalap MotoGP asal Italia Francesco Bagnaia dari Tim Ducati Lenovo. Bagnaia merebut pole kelimanya musim ini usai jadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Austria, Sabtu (19/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, merebut pole kelimanya musim ini usai menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (19/8/2023). Ia bersaing ketat dengan Maverick Vinales dari Aprilia Racing.

Pembalap Italia itu membukukan waktu 1 menit 28,539 detik, sementara Vinales berada di belakangnya dengan selisih waktu tipis 0,037 detik dari sang pembalap Italia.

Baca Juga

Capaian Pecco, panggilan akrab Bagnaia, kali ini juga merupakan pole ke-16 yang ia koleksi sepanjang kariernya di MotoGP. Selain itu, hasil tersebut juga menjadi pole keenam beruntun yang diraih pembalap tim Ducati selama musim 2023.

Mengekor di belakang Vinales, ada Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang mengincar kemenangan Grand Prix di kandang KTM namun harus puas berada di P3 dengan selisih waktu 0,114 detik dari Bagnaia.

Sesi kualifikasi pertama pun berlangsung ketat. Vinales tetap mampu mempertahankan P2 meskipun Binder mencoba untuk mematahkan dominasi pembalap Aprilia itu. Vinales berada di tengah gempuran rekan satu tim Binder, Jack Miller, yang pada akhirnya finis di P4.

Alex Marquez (Gresini Racing) juga mencoba untuk tampil kuat sebagai pembalap tim satelit Ducati dengan menyelesaikan sesi kualifikasi di P5.

Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) akan mulai dari tepi baris kedua dengan rekan setimnya Marco Bezzecchi mulai dari P7, meskipun ia berhasil mencetak rekor lap tercepat sepanjang masa di Red Bull Ring selama sesi latihan bebas pada Jumat (18/8/2023).

Usai awal musim yang berat, Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) akhirnya mulai menemukan ritmenya saat ia mengantongi P8 di sirkuit tersebut.

Sementara, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) juga membuktikan dirinya dan akan berada di grid yang sama dengan Oliveira setelah menyelesaikan balapan di posisi kesembilan.

Johann Zarco (Prima Pramac Racing) melengkapi posisi 10 besar di depan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang terjatuh pada putaran pertama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement