Ahad 20 Aug 2023 12:22 WIB

Messi Raih Trofi Perdana di Amerika Serikat, Juara Piala Liga Lewat Adu Penalti

Inter Miami mengalahkan Nashville SC 10-9 melalui adu penalti di final Piala Liga.

Inter Miami merayakan keberhasilan juara Piala Liga setelah mengalahkan Nashville SC di final. Ini trofi perdana Lionel Messi dan juga Inter Miami di AS.
Foto: AP Photo/George Walker IV
Inter Miami merayakan keberhasilan juara Piala Liga setelah mengalahkan Nashville SC di final. Ini trofi perdana Lionel Messi dan juga Inter Miami di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, NASHVILLE -- Lionel Messi meraih gelar perdananya di Amerika Serikat. Ia mencetak gol pada awal babak pertama dan mengonversi tendangan pertama dalam adu penalti saat Inter Miami mengalahkan Nashville SC 10-9 melalui adu penalti di final Piala Liga, Ahad (20/8/2023) pagi WIB.

Messi mencetak gol pada pertengahan babak pertama, gol ke-10 dalam tujuh pertandingan sejak bergabung dengan Inter Miami--semuanya di kompetisi Piala Liga--saat tim barunya meraih trofi pertamanya.

Baca Juga

Messi juga membuka babak adu penalti dengan mengonversi tendangannya. Adu tendangan penalti berakhir di babak ke-11 dalam sebuah adu penalti antara kedua penjaga gawang. Drake Callender mencetak gol penalti untuk Miami dan kemudian melakukan penyelamatan yang menentukan gelar juara dari tendangan pemain Nashville, Elliot Pannico.

Para pemain Miami mengangkat Messi di pundak mereka dan melakukan perayaan yang panjang di lapangan, lama setelah piala-piala tersebut diserahkan.

Pelatih Miami Tata Martino memuji para pemain baru seperti Messi, Sergio Busquets, dan Jordi Alba, yang dengan cepat menyatu dengan tim. "Kami harus memasukkan banyak pemain baru, tapi saya sangat terkesan dengan cara mereka menyatu," ujar Martino melalui seorang penerjemah.

"Saya ingat hari-hari pertama (bertugas)," kata Martino. "Kami perlu melakukan lebih banyak latihan untuk memberikan bentuk pada tim dan saya berpikir, betapa nyamannya melanjutkan turnamen ini karena kami bisa memanfaatkan bulan ini untuk bermain lebih banyak. Namun, setelah bulan ini, kami adalah juara."

Pelatih Nashville Gary Smith memberikan pujian kepada Messi. "Anda melihat sebuah pertandingan dengan pemain terhebat di planet ini yang mungkin menjadi pembeda dalam pertandingan hari ini," ujar Smith.

Callender merasa bangga dengan peran yang ia mainkan dalam membantu Inter Miami meraih gelar juara turnamen.

"Sebuah kehormatan besar bisa berperan dalam kemenangan pertama kami di final," ujar Callender. "Ini sangat nyata. Sangat emosional. Tim ini bekerja sangat keras dari hari ke hari untuk bisa tampil seperti ini pada malam seperti ini. Dan untuk bisa sampai pada akhirnya, sungguh luar biasa melihat kegigihan, keyakinan akan kemampuan kami. Ini adalah sesuatu yang istimewa dan saya merasa sangat diberkati untuk menjadi bagian dari hal tersebut."

Callender mengatakan ia berusaha untuk tetap setenang mungkin saat menerima banyak tendangan.

"Saya hanya harus tetap fokus, bernapas dengan baik, tetap setenang mungkin," katanya. "Maksud saya, atmosfer di sini malam ini sangat luar biasa. Jadi saya menikmati momen ini dan saya hanya percaya pada kerja keras yang saya lakukan dan pengulangan yang saya lakukan menjelang momen tersebut dan semuanya berjalan sesuai dengan keinginan kami."

Messi membuka gol...

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement