Ahad 20 Aug 2023 19:11 WIB

Taklukkan Inggris, Spanyol Cetak Sejarah Perdana Juara Piala Dunia Wanita 2023

Spanyol mengalahkan Inggris 1-0 pada final Piala Dunia Wanita 2023.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Final Piala DUnia Wanita 2023, SPanyol mengalahkan Inggris 1-0 di Stadion Olimpiade Sydney, Australia, Ahad (20/8/2023)
Foto: EPA-EFE/DAN HIMBRECHTS
Final Piala DUnia Wanita 2023, SPanyol mengalahkan Inggris 1-0 di Stadion Olimpiade Sydney, Australia, Ahad (20/8/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Spanyol mencetak sejarah dalam partisipasi di Piala Dunia Wanita. Untuk kali pertama La Roja meraih gelar juara. Spanyol menaklukkan Inggris 1-0 pada final Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Olimpiade Sydney, Ahad (20/8/2023) petang WIB.

Spanyol lebih menunjukkan ketenangan di awal pertandingan. Skuad polesan Jorge Vilda mencoba mendominasi penguasaan bola. Namun justru Inggris yang memperoleh peluang emas terlebih dahulu. 

Baca Juga

Pada menit kelima, Laurent Hemp melepaskan tembakan. Upaya penyerang Manchester City itu tepat sasaran. Penjaga gawang La Roja, Catalina Coll sigap mengamankan bola yang mengarah ke areanya.

Setelahnyaa, pasukan Negeri Matador kembali dominan. Terus menekan, Spanyol akhirnya berhasil memimpin. Pada menit ke-29, Olga Carmona mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari situasi serangan balik. Olga yang merupakan seorang bek sayap bergerak mendekati pertahanan lawan. Ia lantas mendapatkan umpan terobosan akurat dari rekannya. 

Penggawa klub Real Madrid itu melepaskan tembakan kaki kiri. Upaya Olga tak mampu diantisipasi Mary Earps. Suasana di Stadion Olimpiade Sydney, Australia, kian bergemuruh. Di sisa waktu, tak terlihat perubahan berarti. Skor 1-0 untuk La Roja bertahan hingga turun minum. 

Selepas jeda, intensitas meningkat. The Lionesses tak memiliki pilihan lain. Mereka harus keluar menyerang untuk mendapatkan gol penyeimbang.

Sayangnya, petaka menimpa Inggris pada menit ke-68. Penggawa tim tersebut, Keira Walsh dinilai handball di area terlarang. Setelah memantau VAR, wasit menunjuk titik putih. 

Jennifer Hermoso menjadi eksekutor. Namun Hermoso gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sepakan sosok bernomor punggung 10 ini, bisa ditangkap Earps.

Inggris menjaga asa untuk mengejar ketertinggalan. Anak asuh Sarina Wiegman melancarkan serangan sporadis. The Lionesses mendapat kans terbaik pada menit ke-76, sepanjang babak kedua bergulir. Lauren James nyaris membobol gawang lawan dari jarak dekat. Sepakannya bisa ditepis Catalina Coll.

Inggris terus menekan. Namun sampai duel usai, Spanyol mampu mempertahankan keunggulan 1-0 ini sekaligus mencatatkan nama mereka sebagai juara duni baru di gelaran sepak bola wanita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement