Ahad 20 Aug 2023 20:21 WIB

Pecinta Otomotif Indonesia Pertama Kalinya akan 'Lebaran' di Event IASF

Ini adalah event pertama kali di Indonesia.

Para pegiat otomotif nasional akan menggelar event besar Indonesia Auto Speed Festival (IASF) di kompleks Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 1-3 September 2023.
Foto: Republika/Muhyiddin
Para pegiat otomotif nasional akan menggelar event besar Indonesia Auto Speed Festival (IASF) di kompleks Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 1-3 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pegiat otomotif nasional akan menggelar event besar Indonesia Auto Speed Festival (IASF) di kompleks Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada 1-3 September 2023. Event ini terinspirasi dari meriahnya perhelatan Goodwood Festival of Speed di Inggris dan akan menjadi lebarannya para pecinta otomoatif di Indonesia.

Event IASF ini merupakan hasil kerjasama antara Jakarta Storm Speed (JSS), Gazpoll Racing Team, dan Mercedes-Benz Club Indonesia. Perhelatan akbar yang menyatukan berbagai unsur dunia otomotif dari dunia balap hingga gaya hidup otomotif ini berawal dari pertemuan tiga pegiat otomatif nasional di Jakarta, yaitu R Adi Yunadi Ndjun dari JSS, Tomi Hadi Pipink dari Gazpoll Racing, dan Arief Gunawan.

Baca Juga

Walaupun ide ini terinspirasi dari Inggris, mereka bertiga sepakat memberikan beberapa program istimewa yang menjadikan gelaran ini lebih unik dan original khas Indonesia. Singkat cerita, dari sebuah obrolan warung kopi itu, gelaran ini disepakati menjadi “Lebarannya Kegiatan Otomotif Indonesia". 

"Ini adalah event pertama kali di Indonesia. Kalau ini digelar setiap tahun, maka akan menjadi 'lebarannya' pecinta otomotif," ujar Ketua Panitia Pelaksana lASF, Arief Gunawan saat konferensi pers di Black Stone Garage, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (20/8/2023).

Nantinya, IASF tidak hanya menyuguhkan adu kencang di lintasan atau sebatas dunia motorsport. Namun juga dibalut dengan kegiatan gathering antar komunitas otomotif dan pegiat balap, autosport entertainment, kuliner dengan mengajak UMKM berpartisipasi, bursa aksesori dan onderdil, camper van di sekitar lintasan dengan penyediaan lahan campervan, hingga tidak kalah menarik, adu kinclong atau auto contest (vote by guest) dari display mobil berkategori klasik-retro.

Dengan semua kegiatan dalam IASF ini, akhirnya diangkatlah tagline “Autosport Entertaiment and Meet Up in One Complex”. Even otomotif ini diharapkan tidak menjadi milik kalangan tertentu saja, tapi juga menyentuh semua lapisan pecinta otomotif hingga pengusaha kecil menengah yang bisa ikut ambil bagian secara langsung. 

"Intinya saya menyambut baik event ini, karena saya yakin dan percaya akan banyak melibatkan UMKM san bahkan melibatkan kafe di lokasi. Ini juga membantu masyarakat Sentul dan sekitarnya," ujar Ketua Umum PP Ikatan Moto Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo yang turut hadir dalam konferensi pers. 

Gazpoll dan JSS sepakat bahwa semua hal-hal positif yang ingin diraih dalam penyelenggaraan gelaran ini yang mencakup kegiatan olahraga bermotor, silaturahmi/gathering, edukasi, kuliner dan parawisata ini bakal sesuai dan selaras dengan apa yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah, yaitu sektor Sport Tourism. 

Selaras berkembangnya perencanaan dan persiapan, Panitia Penyelenggara IASF dari komponen JSS dan GazPoll juga akan memberikan ruang ke komunitas otomotif lainnya untuk ambil bagian secara aktif meramaikan gelaran ini. Di antaranya, Mercedes-Benz Club Indonesia. 

Presiden Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA), I Made Yoga Mahardhika mengatakan, MB Club INA akan melaksanakan beberapa kegiatan di ajang IASF 2023 ini, salah satunya akan menggelar parade 1.000 Mercy yang akan melintas dalam Sirkuit Sentul. 

Dalam event besar ini nantinya pihaknya juga akan menampilkan serangkaian acara. Di antaranya, pelantikan dan pengukuhan Pengurus Mercedes-Benz Club Indonesia periode 2023-2025, dan anniversary Mercedes-Benz Club Indonesia yang ke-19.

"Kita akan memdatangkan kalau bisa 1000 mobil marcedes untuk memenuhi sirkuit Sentul. Ini juga akan memecahkan rekor MURI dengan Victory Lap, sehingga ini akan mendatangkan massa juga dan menjadikan event ini semakin meriah," kata Yoga.

Selain bernuansa otomotif, aspek gaya hidup juga akan disediakan lahan untuk penggemar dan penikmat Camper Van, yang sekaligus juga akan mengundang kehadiran komunitasnya untuk turut meramaikan gelaran IASF sambil bisa menyaksikan keramaian balap dan kontes yang ada. 

Dari unsur hiburan, pihak penyelenggara JSS dan GazPoll juga akan mendatangkan artis Barry Likumahuwa dan band legendaris Indonesia, Cockpit Band yang biasa membawakan lagu hits dunia dari Band Genesis. 

Sebagai inisiator dan pelaksana acara, pihak JSS dan Gazpoll juga akan berusaha menjadikan event ini menjadi sebuah kalender otomotif tahunan di Indonesia. Harapannya, akan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Indonesia, seperti halnya kesuksesan dan legenda yang sudah tercipta pada Goodwood Festival of Speed di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement