Selasa 22 Aug 2023 01:05 WIB

Posisi Timnas Bola Voli Putra Indonesia di Peringkat Dunia Melonjak

Di peringkat voli Asia, Indonesia berada di posisi ke-12.

Para penggawa timnas bola voli putra Indonesia saat melakukan selebrasi kemenangan.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Para penggawa timnas bola voli putra Indonesia saat melakukan selebrasi kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) voli putra Indonesia naik tujuh peringkat pada klasemen voli dunia, yaitu dari peringkat ke-68 menjadi peringkat ke-61 berdasarkan penghitungan Federasi Voli Dunia (FIVB). Dilansir dari laman resmi FIVB, Senin (21/8/2023), timnas Indonesia naik tujuh peringkat dengan perolehan poin total 48,34.

Poin itu hasil dari pertandingan menghadapi Kazakhstan dalam ajang Kejuaraan Voli Asia atau Asian's Mens Vollyball Championship 2023. Setelah menang dari Kazakhstan membuat timnas Indonesia menambah 6,66 poin.

Baca Juga

Dengan peningkatan poin signifikan ini, timnas Merah Putih kini bertengger di posisi ke-12 urutan klasemen negara-negara Asia.

Naik tujuh peringkat, juga membuat Farhan Halim dkk menjadi tim kedua yang mempunyai kenaikan peringkat tertinggi dunia di bawah timnas Bangladesh yang mampu naik 156 peringkat dan kini berada di posisi ke-43 dunia.

Timnas Indonesia yang diasuh pelatih Jiang Jie itu dapat kembali menambah poin apabila terus melaju ke babak selanjutnya dalam turnamen Asian's Mens Vollyball Championship 2023 yang saat ini masih berlangsung di Urmia, Iran.

Pemuncak klasemen voli di Asia masih diduduki oleh timnas Jepang yang berada di peringkat kelima dunia dengan perolehan 328,73 poin, diikuti timnas Iran yang berada di peringkat ke-10 dunia dengan perolehan 242,34 poin.

Sementara itu timnas Polandia masih menduduki peringkat pertama dunia dengan perolehan 407,74 poin, diikuti timnas Amerika Serikat di peringkat kedua dengan perolehan 375,29 poin dan timnas Italia di peringkat ketiga dengan koleksi 359,02 poin.

Dilansir dari FIVB, berikut daftar urutan kejuaraan berdasarkan bobot penilaian

1. Olympics Games: 50 poin

2. World Championship: 45 poin

3. Vollyball Nations League (VNL): 40 poin

4. World Cup/Kualifikasi Olimpiade (OQTs) : 35 poin

5. Continental Championship: 35 poin

6. Volleyball Challenger Cup: 20 poin

7. Kualifikasi untuk Continental Championship: 17.5 poin

8. Acara resmi tahunan lainnya diselenggarakan oleh Konfederasi Kontinental: 10 poin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement