Selasa 22 Aug 2023 08:49 WIB

Indonesia Ditantang Korsel di Babak 12 Besar Kejuaraan Voli Putra Asia 2023

Indonesia menemani Cina tampil di babak 12 besar karena unggul poin atas Kazakhstan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Skuad timnas voli putra Indonesia saat mencoba memblok serangan lawan Senin (10/7/2023).
Foto: Twitter/@AsianVolleyball
Skuad timnas voli putra Indonesia saat mencoba memblok serangan lawan Senin (10/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas voli putra Indonesia akan menghadapi lawan tangguh di babak 12 besar Kejuaraan Voli Putra Asia 2023. Tim besutan Jiang Jie itu akan berduel dengan pengoleksi empat gelar Kejuaraan Voli Putra Asia, Korea Selatan (Korsel), dalam turnamen yang digelar di Urmia, Iran.

Hal ini berdasarkan hasil drawing yang dilakukan pada Selasa (22/8/2023) dini hari WIB. Indonesia berhak memastikan satu tempat di babak 12 besar usai mengakhiri penyisihan Pool C sebagai runner-up, sedangkan Korsel melaju ke babak 12 besar sebagai juara penyisihan Pool F.

Baca Juga

Dalam langkah menuju babak 12 besar, Korsel tampil begitu dominan di penyisihan Pool F. Setelah mengalahkan Bangladesh tiga set langsung di laga pertama Pool F, Korsel kemudian menundukkan Pakistan, 3-1, di laga kedua. Tim besutan Im Do-heon itu nyaman berada di puncak klasemen akhir Pool F dengan torehan dua kemenangan.

Di sisi lain, Indonesia sempat menemui kesulitan saat tampil di penyisihan Pool C. Farhan Halim dan kawan-kawan menyerah, 2-3, di tangan Cina. Namun, Indonesia mampu bangkit di laga kedua setelah membungkam Kazakhstan, 3-1.

Indonesia berhak menemani Cina tampil di babak 12 besar lantaran unggul poin atas Kazakshtan di klasemen akhir Pool C. Rencananya, duel Indonesia kontra Korsel akan digelar pada Rabu (23/8/2023).

Kendati begitu, AVC selaku otoritas tertinggi bola voli Asia belum merilis waktu pertandingan secara spesifik laga dalam fase gugur pertama turnamen bola voli putra tingkat Asia tersebut. Apabila berhasil melewati adangan Korsel, Indonesia akan langsung melangkah ke babak semifinal Kejuaraan Voli Putra Asia 2023.

Tim Merah Putih, julukan timnas bola voli Indonesia, akan menghadapi pemenang antara India dan Cina di laga babak 12 besar lainnya. Di blok teratas, tim tuan rumah, Iran, akan menghadapi Pakistan.

Iran pun diunggulkan untuk bisa melewati adangan Pakistan dan langsung melangkah ke babak semifinal. Sementara di blok lainnya, Jepang akan berduel dengan Bahrain. Pemenang di laga ini berhak langsung melangkah ke babak semifinal.

Cina Taipei dan Irak akan berebut satu tempat di babak perempat final untuk berhadapan dengan pemenang antara Qatar dan Thailand di laga babak 12 besar lainnya. Kejuaraan voli putra Asia 2023 ini rencananya digelar dari 19 hingga 26 Agustus mendatang dan diikuti 17 tim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement