Selasa 22 Aug 2023 12:57 WIB

SEA Age Group Championship 2023 Jakarta Lombakan Tiga Cabang Akuatik

SEA Age Group Championship 2023 melombakan renang, polo air, dan loncat indah.

Renang (ilustrasi)
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Renang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga akuatik tingkat Asia Tenggara 45th SEA Age Group Championship 2023 yang untuk pertama kalinya akan melombakan tiga cabang olahraga, yakni renang, polo air, dan loncat indah. Ajang tahunan itu akan di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 24-26 Agustus 2023.

"Indonesia terakhir menjadi tuan rumah itu sudah cukup lama, tahun lalu kita mengajukan diri sebagai tuan rumah, tahun ini kita confirm dan alhamdulillah kita ditunjuk," ujar Ketua Panitia 45th SEA Age Group Championship 2023 Harlin Rahardjo dalam temu media secara daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

"Ada satu spesial di tahun ini adalah kita menyelenggarakannya tidak hanya renang, tetapi ada tiga cabang olahraga. Dua cabang olahraga lain adalah loncat indah, dan polo air. Ini merupakan pertama kali dari 44 edisi sebelumnya tidak pernah ada cabang olahraga lain."

Usulan untuk tidak hanya melombakan renang disampaikan Harlin saat rapat bersama Southeast Asia Swimming Federation--yang kini berubah menjadi Southeast Asia Aquatics--tahun lalu dan disambut baik oleh seluruh negara yang hadir saat itu.

Sebab, menurut Harlin, tidak banyak kejuaraan kelompok usia bagi cabang olahraga akuatik, selain renang. Terlebih, Akuatik Indonesia ingin membangun spirit baru dengan nama baru yang diusung, untuk juga memperhatikan cabang olahraga selain renang.

"Merupakan kebanggaan dari Indonesia untuk menjadi pelopor kegiatan multi cabang olahraga ini. Ini juga ada kaitannya dengan semangat nama Akuatik Indonesia, jadi akuatik itu tidak hanya renang, dan ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk penyelenggaraan South East Asia Age Group ke depannya," kata Harlin.

Tidak hanya itu, pengalaman menggelar beberapa kali ajang akuatik dengan multicabang olahraga, termasuk Festival Akuatik Indonesia Juni lalu, juga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, membuat Akuatik Indonesia percaya diri menjadi tuan rumah 45th SEA Age Group Championship 2023.

"Ini juga event pertama kita dengan nama Akuatik Indonesia, dengan logo baru, event-nya langsung event internasional, jadi kita cukup antusias, cukup semangat untuk menjalankan event," ujar Harlin.

Harlin mengungkapkan, hingga hari ini, Selasa, ada sebanyak 316 atlet renang dari delapan negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei, dan Filipina, yang telah mendaftar untuk 45th SEA Age Group Championship 2023.

Cabang olahraga polo air akan diikuti oleh 100 atlet dari empat negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Khusus Indonesia dan Malaysia masing-masing mengirimkan dua tim, yakni tim putra dan tim putri.

Sementara itu, cabang olahraga loncat indah akan diikuti oleh 65 atlet dari enam negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement