Rabu 23 Aug 2023 00:01 WIB

Thierry Henry Resmi Menjabat Sebagai Pelatih Timnas Prancis U-21

Henry sudah delapan bulan tidak melatih.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda timnas Prancis Thierry Henry.
Foto: AP/Martin Meissner
Legenda timnas Prancis Thierry Henry.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Legenda Arsenal Thierry Henry ditunjuk sebagai pelatih utama tim nasional Prancis U-21. Keputusan itu secara resmi dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

"Komite eksekutif FFF mengambil keputusan untuk menunjuk Thierry Henry, menyusul fase diskusi yang dipimpin oleh komite seleksi atas rekomendasi komite," demikian pernyataan Federasi Sepak Bola Prancis dikutip Sportsmole, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Pria berusia 46 tahun itu kembali dalam tugas di pinggir lapangan setelah absen selama delapan bulan dari dunia kepelatihan. Terakhir Henry menjabat sebagai asisten manajer timnas Belgia di Piala Dunia.

Adapun Henry mengambil alih jabatan Sylvain Ripoll, yang masa jabatan enam tahunnya berakhir bulan lalu setelah timnas Prancis U-21 tersingkir di perempat final Euro 2023.

Komite, yang terdiri dari Marc Keller bertanggung jawab atas seleksi nasional di komite eksekutif, Hubert Fournier, direktur teknik nasional FFF, dan Philippe Diallo, presiden FFF, mempelajari beberapa profil pelatih Prancis.

"FFF ingin untuk menghargai kualitas profesional dan manusia yang tinggi dari berbagai kandidat," sambung pernyataan tersebut.

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2015, Henry memasuki dunia kepelatihan bersama tim muda Arsenal sebelum ditunjuk ke tim pelatih Belgia asuhan Roberto Martinez pada tahun 2016 bekerja untuk pertama kalinya di Piala Dunia 2018 silam.

Henry mengambil posisi manajerial pertamanya bersama AS Monaco pada tahun 2018, namun ia dipecat setelah hanya 20 pertandingan memimpin, karena hanya mendalangi lima kemenangan untuk Les Monegasques.

Lebih lanjut Henry kemudian menghabiskan lebih dari satu tahun untuk melatih tim MLS, Montreal Impact, namun rekornya sekali lagi tidak terlalu bagus, karena ia hanya memenangkan sembilan dari 29 pertandingan sebagai pelatih.

Meski demikian, Henry berhasil membawa Montreal Impact ke babak playoff MLS untuk pertama kalinya dalam empat tahun, namun ia hengkang pada Februari 2021 agar bisa lebih dekat dengan keluarganya di London.

Setelah kepergiannya dari Amerika Serikat, Henry kembali ke tim Belgia sebagai asisten Martinez sekali lagi, membantu mengawasi kampanye Piala Dunia 2022 mereka sebelum keluar karena penunjukan Domenico Tedesco.

Kini sebagai pelatih Prancis U-21, Henry akan mengawasi kampanye kualifikasi Les Bleuets untuk Euro 2025, serta Tim Olimpiade Prancis untuk Olimpiade 2024 di Paris.

Pertandingan pertama sebagai pelatih kepala datang ketika Prancis berhadapan melawan Slovenia U-21 dalam kualifikasi Kejuaraan Eropa pada 11 September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement