Rabu 23 Aug 2023 12:20 WIB

Di Balik Titel 'Yang Mulia Paduka Lorenzo'; Intrik Marquez-Pedrosa, dan Geramnya Rossi

Marquez dan Pedrosa 'melindungi' Lorenzo dari kejaran Rossi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Momen Jorge Lorenzo (kiri) mendapatkan titel 'Yang Mulia Paduka Lorenzo' pada balapan MotoGP di Sirkuit Ricardo Tomo, Spanyol pada November 2015 silam. Lorenzo tampak dikawal oleh dua pembalap Repsol Honda saat itu, Marc Marquez dan Dani Pedrosa dari kejaran Valentino Rossi.
Foto:

Lucunya, kedua rider Repsol Honda hanya membuntuti Lorenzo sejak awal start hingga garis finis, yang ibaratnya dua orang ajudan yang setia dan siap mengawal perjalanan paduka Lorenzo hingga garis akhir.

Pasalnya jika dilihat dari beberapa peluang seharusnya Marquez pun Pedrosa punya banyak sekali kesempatan untuk melakukan overtake terhadap Paduka Lorenzo.

Beberapa penggemar MotoGP asal Indonesia berpendapat bahwa Marquez memang tidak menginginkan Rossi mendapatkan gelar juara dunia ke-10.

photo
Selebrasi juara MotoGP 2015 Jorge Lorenzo setelah memenangkan lomba di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 8 November 2015 silam. - (AP)

"Selisih poin Rossi dengan Lorenzo tipis. Jika Lorenzo finis di posisi kedua, Rossi tetap jadi juara dunia. Jadi, satu-satunya cara adalah Marquez tidak melakukan overtake Lorenzo. Bahkan ketika Pedrosa ingin melakukan overtake selalu dihalangi oleh Marquez," demikian perdebatan pada masa lalu itu memanas. 

Rossi sendiri pada MotoGP Valencia, memulai start dari belakang, hingga berhasil finis di posisi keempat sekaligus menyalip total 22 pembalap. Hal yang justru membuat banyak yang kagum kepada legenda MotoGP itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement