Rabu 23 Aug 2023 20:54 WIB

Shin Tae-Yong Akui Thailand adalah Tim Terbaik di Piala AFF U-23 2023

Shin Tae-yong menerapkan fairplay.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-23 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam WIB. Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui Thailand adalah tim terbaik di kejuaraan ini. Ia berharap timnya bisa menyajikan pertandingan yang bagus saat melawan Thailand nanti.

"Saya banyak melihat banyak pertandingan Thailand dan Malaysia di turnamen ini. Saya pikir Thailand memiliki skuad terbaik (di Piala AFF U-23) dibanding tim lainnya. Kami akan memberikan yang terbaik untuk pertandingan besok dan mencoba bermain kombinasi dengan cepat," kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga

Tim berjuluk Gajah Perang tampil sempurna di fase grup dengan manyapu bersih kemenangan di tiga laga. Tim asuhan Issara Sritaro maju ke empat besar sebagai juara Grup A, sementara Indonesia hanya mengemas satu kemenangan tipis melawan Timor Leste setelah kalah dari Malaysia. Tapi beruntung bagi Indonesia, modal itu cukup untuk maju ke semifinal sebagai runner-up terbaik.

Di partai berbeda, Vietnam yang lolos sebagai juara Grup C akan menghadapi Malaysia yang merupakan juara Grup B. Pertandingan antara kedua tim akan dimainkan sebelum laga Indonesia melawan Thailand. Kedua tim tersebur menyapu bersih fase grup dengan dua kemenangan sebagai modal maju ke semifinal.

"Empat tim yang ada di semifinal yaitu, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam saya pikir memang layak untuk lolos ke semifinal. Jadi saya berharap semifinal nanti akan menyajikan pertandingan yang bagus," ujarnya. 

Sebelum Indonesia mendapatkan kepastian lolos ke semifinal, tim Merah Putih bergantung pada hasil dari laga terakhir grup antara Vietnam melawan Filipina. Ada anggapan Vietnam membantu Indonesia untuk lolos dengan mengalahkan Filipina 1-0 di laga terakhir mereka. Tapi Shin memastikan itu tidak benar.

"Saya memiliki filosofi sepak bola sendiri yaitu bermain dengan fairplay. Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia (tahun lalu) dalam pertandingan Thailand vs Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan jauh dari fair play. Dan saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan kemarin malam itu bagus," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement