Jumat 25 Aug 2023 12:20 WIB

Bagaikan Kutukan, Mitos di MotoGP Ini Bikin Valentino Rossi dan Marc Marquez Pun Ciut

Rossi dan Marquez paling anti menghampiri mitos ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Casey Stoner menggunakan nomor angker 1 saat membalap sebagai juara bertahan MotoGP.  Nomor 1 tak berani dipakai oleh Valentino Rossi dan Marc Marquez meski punya hak untuk menggunakannya.
Foto:

Nomor 1 pun beralih ke seteru abadinya, Kevin Schwantz. Sayang kejayaan Schwantz bersama tim Lucky Strike Suzuki hanya bertahan semusim. Ia terlempar di posisi keempat dengan posisi puncak diraih Mick Doohan.

Schwantz pensiun pada usia 31 tahun, ia merasa tak mampu bertarung memperebutkan gelar juara dunia karena mengalami serangkaian cedera. Keputusan pensiunnya terjadi pada Sirkuit Mugello tahun 1995 silam.

Musim berlanjut, pembalap tim Repsol Honda Mick Doohan mengambil alih nomor 1. Rider asal Australia itu bisa menjaga gelar juara meski memakai nomor 1 sejak 1995 hingga 1998 namun, terpaksa memutuskan pensiun pada 1999 karena mengalami cedera patah kaki.

Keangekeran nomor start 1 berlanjut pada Alex Criville, Kenny Roberts Jr, Nicky Hayden, Casey Stoner hingga Jorge Lorenzo.

Nicky Hayden jadi juara MotoGP 2006 dengan dramatis. Dia memakai nomor sakral sekaligus "kelam" itu usai jadi juara MotoGP dengan Honda pada 2007.

photo
Mendiang Nicky Hayden saat masih membalap dengan motor bernomor 1 di MotoGP. - (02 November 2007. EPA/Kai Försterling)

Kemudian Casey Stoner memakai nomor 1 usai menjadi juara di MotoGP 2007 bersama Ducati. Nomor ini sepertinya cukup membanggakan buat Stoner sehingga mengulangnya di 2012 hingga dirinya benar-benar terperosok dalam persaingan perebutan gelar juara dan memutuskan pensiun dini.

Bukan tanpa alasan nomor 1 dihindari. Konon, nomor 1 kerap membawa kesulitan karena dianggap bakal sukar untuk juara lagi di musim berikutnya. Misalnya Valentino Rossi yang tetap memilih nomor melegenda miliknya 46 dan Marc Marquez nomor 93.

Anak didi Rossi justru lebih berani... 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement