Senin 28 Aug 2023 08:42 WIB

Bagi Senior Penunggang Ducati Ini, Sosok Marc Marquez Lebih Hebat dari Valentino Rossi

Marquez dinilai sangat sulit dihentikan jika telah menemukan momentum.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marc Marquez (Honda Repsol) dan Andrea Dovizioso (Ducati) dalam sebuah balapan MotoGP Austria di Sirkuit Spielberg Ring, Austria, beberapa waktu lalu.
Foto: Christian Bruna/EPA
Marc Marquez (Honda Repsol) dan Andrea Dovizioso (Ducati) dalam sebuah balapan MotoGP Austria di Sirkuit Spielberg Ring, Austria, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andrea Dovizioso berkali-kali bertarung melawan legenda dan pendatang baru MotoGP selama 15 tahun kariernya. Dia mewakili Honda, terutama Ducati, dan Yamaha dalam dua periode saat dia gagal memenangkan kejuaraan kelas utama. Setengah usia kariernya, dari 2013 sampai pensiun pada 2020, Dovizioso habiskan bersama tim Ducati. 

Pensiunan Italia itu ditanya pembalap mana yang memberinya waktu tersulit di trek. "Sebenarnya sulit mengatakan siapa lawan yang paling sulit dihadapi," kata Dovizioso merenungkan jawabannya, dikutip dari Crash, seperti dilansir pada Senin (28/8/2023). 

Baca Juga

Ia pun mengatakan, itu tergantung pada momennya. Pasalnya, Dovi menemukan dirinya berada di masa MotoGP di mana pembalap yang berbagi trek dengannya adalah pembalap yang sangat berbakat. Dimulai dengan Marco Simoncelli, mereka sudah mulai bersaing dan berbagi jalur yang sama, dalam kategori yang berbeda.

"Saingan hebat lainnya adalah Jorge Lorenzo. Kami selalu melakukan lompatan besar, dari satu kategori ke kategori lainnya, di tahun yang sama, jadi dia selalu ada dan dia benar-benar menang banyak. Tapi kemudian Dani Pedrosa, Marc Marquez, Valentino Rossi dan banyak lainnya. Sangat sulit untuk mengatakan siapa lawan terberat saya," ujarnya. 

Namun, ia mengakui, jika dirinya berjuang untuk kejuaraan MotoGP dan bersaing dengan Marc Marquez, maka ia akan mengatakan lawan terberat itu adalah Marquez. "Karena dia adalah saingan yang kuat, dalam segala hal: secara mental, fisik, dalam hal bakat, sikap, dan dalam semua aspek lain yang melengkapi sebuah profil seperti dia," kata Dovi.

Dovizioso, yang menunggangi Ducati, menjadi runner-up... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement