Selasa 29 Aug 2023 16:16 WIB

Ini Anak Didik Legenda MotoGP yang Dinilai Paling Mirip Valentino Rossi

Bezzecchi dinilai efektif dalam memanfaatkan kecepatan sama seperti Rossi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team saat merayakan kemenangan di MotoGP dengan memegang bendera bernomor Legenda MotoGP, Valentino Rossi.
Foto: AP/Peter Dejong
Pembalap Italia Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team saat merayakan kemenangan di MotoGP dengan memegang bendera bernomor Legenda MotoGP, Valentino Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Matteo Flaligni adalah orang yang bekerja di bagian data bersama Valentino Rossi selama hampir dua dekade. Karena itu ia paham betul bagaimana kualitas legenda hidup MotoGP tersebut.

Sekarang Flaligni bekerja di tim Mooney VR46 sebagai kepala kru pembalap Marco Bezzecchi. Sementara, Rossi sudah pensiun. Tetapi Flaligni melihat ada sosok Rossi dalam diri Bezzecchi karena bakatnya yang mirip dengan the Doctor, julukan Rossi.

Baca Juga

Bezzecchi dinilai efektif dalam memanfaatkan kecepatan. Hal tersebut sama seperti yang dimiliki Rossi yang kini juga menjadi pemilik tim Mooney VR46.

“Namun, kesamaan antara keduanya, tetapi juga berlaku untuk anggota Akademi Rossi, tetap pada kemampuan membaca dan menafsirkan data," ujar Flaligni dilansir dari Crash, Selasa (29/8/2023).

Flaligni menegaskan, Bezzecchi adalah sosok pembalap yang teliti dan metodis sebagaimana halnya Rossi. Flaligni akan bersama Bezzecchi dalam waktu yang lama dan akan terus memantau perkembangannya.

Flaligni melihat ada perubahan dalam kejuaraan kali ini seiring berjalannya waktu. Bezzecchi ada di tengah-tengah perebutan gelar dan Flaligni akan terus mengawalnya. “Saat ini kami memiliki bagian aerodinamika yang mempengaruhi strategi anti-wheelie. Kontrol traksi melakukan intervensi secara berbeda, rasio gigi memerlukan pengaturan khusus. Banyak yang berubah, tapi saya memperhatikan satu hal yang menyenangkan."

Namun, menurut Flaligni, pengendara akan menjadi pembeda di arena balapan. Hal tersebut seperti yang ditunjukkan Bezzecchi saat menang di GP Argentina dan Prancis. “Pada akhirnya seseorang selalu menang, Marco berhasil," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement