Selasa 29 Aug 2023 21:42 WIB

Alex Rins Dipastikan Masih Absen di GP Katalan

Rins alami insiden kecelakaan saat tampil di sesi sprint race GP Italia Juni 2023.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP Spanyol Alex Rins dari tim LCR Honda Castrol.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Pembalap MotoGP Spanyol Alex Rins dari tim LCR Honda Castrol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Rins, dipastikan tidak akan mengaspal dalam gelaran GP Katalan, akhir pekan ini. Pembalap asal Spanyol itu dinilai belum cukup fit dan masih menjalani proses pemulihan dari cedera patah kaki.

Rins mengalami insiden kecelakaan saat tampil di sesi sprint race GP Italia, yang digelar di Sirkuit Mugello, pertengahan Juni 2023. Pembalap berusia 27 tahun itu mengalami patah tulang kaki dan absen di sesi balapan pada seri keempat ajang MotoGP musim ini tersebut.

Baca Juga

Tidak hanya di sesi balapan GP Italia, Rins juga absen di empat seri berikutnya. Mulai dari GP Jerman, GP Belanda, GP Inggris, hingga terakhir GP Austria.

Daftar ini pun bertambah panjang usai Rins dipastikan absen di GP Katalan, yang bakal dihelat di Sirkuit Katalan, akhir pekan ini. Dalam pernyataan resmi tim LCR Honda, proses penyembuhan Rins berjalan dengan baik. Namun, mantan pembalap Suzuki itu masih belum bisa tampil di GP Katalan.

Di seri ke-11 atau seri pertama pada paruh kedua MotoGP musim ini tersebut, posisi Rins akan digantikan oleh Iker Lecuona.

''Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Rins, menunjukkan perkembangan solid dalam usaha untuk kembali ke trek dalam waktu dekat. Namun, dia akan absen di GP Katalan dan akan digantikan oleh Iker Lecuona,'' tulis pernyataan resmi Honda seperti dilansir Crash, Selasa (29/8/2023).

Di dua seri sebelumnya, posisi Rins sebagai pembalap LCR Honda digantikan oleh Lecuona. Namun, pembalap asal Spanyol itu hanya bisa finish di peringkat ke-17 dan ke-20 di GP Inggris dan GP Austria secara berurutan.

Rins, yang bakal hijrah ke tim Monster Yamaha pada musim depan tersebut, sempat mencatatkan hasil maksimal kala meraih gelar juara di GP Argentina. Pembalap yang melakoni musim debutnya bersama LCR Honda itu menjadi pembalap Honda pertama yang mampu meraih podium tertinggi di sebuah seri setelah Marc Marquez pada 2018 silam.

Keberhasilan Rins menjadi yang tercepat di GP Argentina itu sekaligus menjadi satu-satunya kemenangan yang mampu ditorehkan Honda pada musim ini. Pabrikan asal Jepang itu memang tengah terpuruk di tengah dominasi tim pabrikan asal Eropa, seperti Ducati dan KTM.

Selain Rins, tiga pembalap Honda lainnya, Takaaki Nakagami, Joan Mir, dan Marc Marquez, kesulitan untuk bisa bersaing dan tampil konsisten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement