Kamis 31 Aug 2023 21:35 WIB

Presiden UEFA Sindir Lagi Liga Pro Saudi Gara-Gara Rekrut Banyak Pemain Top Eropa

Kedatangan bintang Eropa tidak otomatis meningkatkan kualitas sepak bola Arab Saudi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Presiden UEFA Aleksander Ceferin.
Foto: EPA/MARTIAL TREZZINI
Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Presiden Asosiasi Sepk Bola Eropa (UEFA) Alexander Ceferin kembali mengecam Liga Pro Saudi. Menurutnya, banyaknya pemain bintang Eropa yang merapat bukan masalah karena tidak akan bermain di Liga Champions.

Ceferin juga melihat kedatangan bintang Eropa tidak otomatis meningkatkan kualitas sepak bola Arab Saudi. Ia berkaca kepada Cina yang beberapa tahun lalu mengeluarkan uang besar untuk menarik minat bintang-bintang Eropa. Namun hasilnya sepak bola Cina tidak berkembang bahkan tidak lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga

"Di Arab Saudi mereka harus melatih pemain dan pelatih, tapi ini bukan masalah saya," ujar Caferin dilansir dari Tribalfootball, Kamis (31/8/2023).

Ceferin mengungkapkan ada beberapa pemain dalam sepak bola yakni mereka yang memasuki akhir kariernya dan pemain yang tidak bercita-cita memenangkan kompetisi besar. Hal tersebut mungkin di antara alasan mengapa pemain merapat ke Arab Saudi.

Namun, menurut Ceferin, Kylian Mbappe dan Erling Haaland tidak termasuk ke dalam dua kriteria tersebut sehingga tidak ada mimpi pergi ke Arab Saudi. Pemain terbaik dan sedang ada di puncak kariernya diyakini tidak akan tergoda dengan tawaran besar klub-klub Liga Pro Saudi. "Ketika orang memberi tahu saya tentang pemain yang pergi ke sana, tidak ada yang tahu di mana mereka bermain," katanya.

Ceferin juga berkomentar mengenai tim Liga Pro Saudi di kompetisi UEFA. Ia menegaskan hanya klub Eropa yang bisa bermain di kompetisi tersebut. Ceferin mengatakan harus mengubah aturan jika menerima mereka, namun ia tidak punya niat mengubahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement