Jumat 01 Sep 2023 16:40 WIB

Para Bintang Asal Eropa Unjuk Gigi Angkat Performa Al Ahli di Liga Pro Saudi

Mahrez dan Kessie sukses menyumbang semua gol Al Ahli kala membungkam Al Ta'ee.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan gelandang Manchester City, Riyad Mahrez, yang kini memperkuat klub Arab Saudi, Al Ahli.
Foto: AP Photo/Andreas Gora
Mantan gelandang Manchester City, Riyad Mahrez, yang kini memperkuat klub Arab Saudi, Al Ahli.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kehadiran para pemain bintang yang direkrut dari Benua Eropa mulai memberikan dampak instan buat kemampuan klub-klub asal Arab Saudi. Para pemain bintang itu terbukti menjadi andalan baru klub-klub tersebut dalam berburu kemenangan.

Teranyar, Riyad Mahrez dan Franck Kessie sukses menyumbang semua gol Al Ahli kala membungkam Al Ta'ee, 2-0, di laga pada pekan keempat Liga Arab Saudi, tengah pekan ini.

Baca Juga

Mahrez membuka keunggulan Al Ahli pada menit ke-39 dalam laga di Stadion King Abdullah Sports City tersebut. Eks winger Manchester City itu sukses memaksimalkan umpan dari Allan Saint-Maximin.

Tidak berhenti sampai di situ, Mahrez juga menyediakan assist buat Franck Kessie, yang mencetak gol kedua Al Ahli, pada menit ke-59. Semua gol Al Ahli di laga ini tidak terlepas dari kontribusi pemain anyar pada musim ini.

Mahrez didatangkan dari Man City dengan nilai transfer mencapai 35 juta euro, sedangkan Kessie diboyong dari Barcelona dengan biaya transfer mencapai 12,5 juta euro. Saint-Maximin direkrut klub berbasis di Jeddah itu dari Newcastle United daengan nilai transfer mencapai 27,20 juta euro.

Dengan kemenangan ini, Al Ahli sukses mempertahankan rekor positif di pentas Liga Arab Saudi musim ini.

''Tim bertabur bintang itu berhasil mencatatkan kemenangan beruntun di empat laga awal Liga Pro Saudi musim ini,'' tulis laporan Daily Mail, Jumat (1/9/2023).

Dengan catatan kemenangan tersebut, Al Ahli berhasil bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Liga Arab Saudi. Padahal, pada musim lalu, Al Ahli diketahui masih berkiprah di kasta kedua kompetisi sepak bola Arab Saudi.

Keberhasilan menjuarai Divisi Pertama pada musim lalu mengantarkan tim besutan berjuluk Al Raqi itu promosi ke Liga Pro Saudi pada musim ini. Keberhasilan Al Ahli menampilkan kejutan di pentas Liga Arab Saudi pada musim ini tentu tidak terlepas dari kehadiran para pemain bintang yang direkrut dari Benua Biru pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Selain Mahrez, Kessie, dan Allant-Maximin, Al Ahli sudah mendatangkan Edouard Mendy, Roberto Firmino, Rober Ibanez, Merih Demiral, dan Gabri Veiga. Al Ahli pun menjadi salah satu klub asal Arab Saudi yang paling aktif mendatangkan pemain bintang dari Benua Biru pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Gelontoran dana dari lembaga Investasi Pemerintah Arab Saudi (PIF) selaku pemilik anyar Al Ahli benar-benar mengubah wajah dan kemampuan klub yang berbasis di Jeddah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement