Jumat 01 Sep 2023 20:38 WIB

Tuchel Beberkan Alasan Muenchen Melepas Gravenberch ke Liverpool

Gravenberch akan sulit tampil secara reguler apabila tetap bertahan di Muenchen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Bayern Muenchen, Thomas Tuchel.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pelatih Bayern Muenchen, Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pelatih Bayern Muenchen Thomas Tuchel memberikan sinyal soal kemungkinan kepergian Ryan Gravenberch ke Liverpool. Meski belum memastikan kepindahan gelandang asal Belanda tersebut, Tuchel mengakui, Gravenberch akan kesulitan untuk bisa tampil secara reguler apabila tetap bertahan di Muenchen.

Pelatih asal Jerman itu menilai, dari segi gaya permainan, Gravenberch merupakan gelandang box to box dan memiliki kemampuan mencetak gol. Peran ini biasanya diemban oleh pemain nomor punggung delapan.

Baca Juga

Namun, dengan sistem dan formasi permainan, 4-2-3-1, yang diterapkan Tuchel di Muenchen, Gravenberch kemungkinan besar tidak akan memiliki tempat. Mantan pelatih Chelsea itu juga menyebut, Gravenberch sudah tidak senang dengan situasi tersebut.

Atas alasan ini, Tuchel sepertinya telah memberikan lampu hijau kepada manajemen klub untuk melepas eks gelandang Ajax Amsterdam tersebut pada jendela transfer musim panas tahun ini.

''Menurut saya, Gravenberch adalah gelandang box to box. Dia adalah pemain yang beroperasi di lini serangan. Problem utamanya, kami tidak benar-benar membutuhkan pemain nomor punggung delapan dalam sistem 4-2-3-1. Kami tidak mau mengorbankan pemain di lini serang,'' ujar Tuchel seperti dikutip BBC, Jumat (1/9/2023).

Tuchel pun mengungkapkan, Liverpool kemungkinan besar bakal menjadi pelabuhan baru Gravenberch.

''Dia tidak senang dengan situasinya di sini. Dia melihat peluang untuk bersaing dalam memperebutkan posisi pemain nomor punggung delapan di Liverpool dengan formasi 4-3-3. Saat ini, kepindahan itu belum selesai, tapi akhir dari proses ini sepertinya sudah jelas,'' kata mantan pelatih Paris Saint-Germain tersebut.

Sempat disebut-sebut menarik minat Manchester United, Gravenberch justru dilaporkan tinggal selangkah lagi bergabung bersama Liverpool. The Reds, yang begitu santer berminat memboyong Gravenberch dari Ajax Amsterdam pada awal musim lalu, dilaporkan sudah sepakat menggelontorkan dana sebesar 34,2 juta poundsterling kepada Muenchen untuk mendatangkan gelandang berusia 21 tahun tersebut.

Liverpool kabarnya akan mengikat Gravenberch dengan durasi kontrak selama lima tahun. Pemilik 11 caps buat timnas Belanda itu bahkan dilaporkan sudah absen di sesi latihan terakhir Muenchen dan telah menjalani tes medis di Liverpool. Gravenberch diharapkan mendatangani kontrak bersama Liverpool pada Jumat (1/9/2023) waktu setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement