Rabu 30 Aug 2023 21:03 WIB

Jadi Incaran MU dan Liverpool, Gravenberch Ingin Segera Akhiri Kerja Sama dengan Muenchen

Gravenberch sulit bersaing untuk mendapatkan posisi di tim inti Muenchen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pemain Ajax yang kini membela Bayern Muenchen, Ryan Gravenberch.
Foto: AP/Peter Dejong
Mantan pemain Ajax yang kini membela Bayern Muenchen, Ryan Gravenberch.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Gelandang asal Belanda, Ryan Gravenberch, dilaporkan telah meminta manajemen Bayern Muenchen untuk melepas dirinya pada jendela transfer musim panas tahun ini. Selain soal kesempatan tampil secara reguler, permintaan itu tidak terlepas dari kabar ketertarikan Manchester United (MU) dan Liverpool terhadap gelandang berusia 21 tahun tersebut.

Gravenberch baru merumput semusim bersama Die Bayern usai didatangkan dari Ajax Amsterdam pada pada awal musim lalu. Gravenberch ditebus dengan nilai transfer 16 juta euro dan diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Baca Juga

Namun, Gravenberch sulit bersaing untuk mendapatkan posisi di tim inti Muenchen, terutama selepas pemecatan pelatih Julian Nagelsmann. Pengganti Nagelsmann, Thomas Tuchel, jarang kesempatan pada Gravenberch untuk tampil sebagai starter.

Gravenberch hanya tampil di tiga laga sebagai starter dalam 24 penampilan di pentas Bundesliga Jerman musim lalu. Pun pada musim ini saat Gravenberch baru tampil selama sembilan menit dalam dua laga yang telah dilakoni Muenchen di pentas Bundesliga.

Alhasil, demi bisa memperbesar peluang untuk tampil secara reguler pada musim ini, Gravenberch pun membuka kemungkinan untuk meninggalkan Muenchen. Keinginan ini bahkan sudah disampaikan perwakilan Gravenberch kepada manajemen Die Bayern.

''Perwakilan Gravenberch telah menemui manajemen Bayern Muenchen. Dalam pertemuan tersebut, perwakilan Gravenberch mengungkapkan keinginan kliennya untuk meninggalkan klub tersebut,'' tulis laporan Sport1, Rabu (30/8/2023).

Gravenberch agaknya ingin memanfaatkan kesempatan terkait kemungkinan untuk meninggalkan klub asal Bavaria tersebut. Pasalnya, Gravenberch sempat disebut-sebut tengah diminati dua klub papan atas Liga Primer Inggris, Manchester United dan Liverpool.

Gravenberch memang sempat mengungkapkan keraguannya untuk membela Die Bayern pada musim ini. Gravenberch seolah tetap menjaga peluang buat dirinya untuk hengkang dari Muenchen sebelum bursa transfer musim panas tahun ini ditutup pada Jumat, 1 September 2023.

''Saya tidak tahu, apa yang akan terjadi pada beberapa hari mendatang,'' ujar Gravenbech seperti dilansir Bild.

Sebelumnya, Man United dilaporkan tertarik untuk memboyong Gravenberch. MU berharap bisa menyertakan Gravenberch dalam rencana Die Bayern untuk mendatangkan gelandang bertahan Man United, Scott McTominay.

Kabar soal pertukaran pemain antara dua klub itu pun sempat mengemuka. Kendati begitu, Man United tidak sendirian dalam persaingan mendapatkan tanda tangan Gravenberch.

Liverpool juga disebut-sebut belum sepenuhnya menarik diri dari kemungkinan perekrutan pengoleksi 11 caps buat timnas Belanda tersebut. Meski sudah mendatangkan tiga gelandang anyar, the Reds dinilai masih membutuhkan tambahan pemain di lini tengah menyusul kepergian Jordan Henderson, James Milner, dan Fabinho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement