Jumat 01 Sep 2023 21:40 WIB

Ansu Fati Dipastikan Bakal Merumput di Liga Primer Inggris

Kepindahan Fati ini pun telah dikonfirmasi Brighton and Hove Albion.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Barcelona dan timnas Spanyol, Ansu Fati, yang pindah ke Wolves sebagai pemain pinjaman.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pemain Barcelona dan timnas Spanyol, Ansu Fati, yang pindah ke Wolves sebagai pemain pinjaman.

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Winger muda Barcelona, Ansu Fati, bakal menjajal ketatnya persaingan di Liga Primer Inggris. Winger berusia 20 tahun itu akan melakoni masa peminjaman selama semusim penuh di Brighton and Hove Albion pada musim ini.

Kepindahan Fati ini pun telah dikonfirmasi Brighton and Hove Albion via pernyataan resmi klub.

Baca Juga

''Kami mengumumkan perekrutan Ansu Fati sebagai pemain pinjaman selama semusim penuh dari Barcelona. Pemain berusia 20 tahun itu tampil di 36 partai di La Liga musim lalu dan mengantarkan Barcelona meraih titel La Liga Spanyol pertama dalam empat tahun terakhir,'' tulis pernyataan resmi Brighton and Hove Albion, Jumat (1/8/2023).

Pelatih Brighton and Hove Albion Roberto De Zerbi menyambut keberhasilan manajemen klub mendatangkan pemain yang dipromosikan ke tim utama Blaugrana pada usia 16 tahun tersebut.

Pelatih asal Italia itu pun menyebut kehadiran Fati bakal mendongkrak performa the Seagulls. Pun dengan kontribusi Fati dalam perjalanan the Seagulls pada musim ini. Mampu finish di peringkat keenam Liga Primer Inggris, the Seagulls akan berkiprah di pentas Liga Europa pada musim ini. Tampil di empat kompetisi sekaligus tentu menjadi tantangan baru buat the Seagulls.

''Saya yakin, Fati akan membantu kami mencapai target baru pada musim ini. Tidak hanya itu, kami juga bisa membantu Fati kembali ke level permainan yang dia harapkan,'' kata De Zerbi seperti dikutip laman resmi Brighton, Jumat (1/9/2023).

Kendati tampil di 36 pertandingan di pentas La Liga Spanyol musim lalu, Fati sebenarnya bukanlah pilihan utama pelatih Barca Xavi Hernandez. Fati tercatat hanya tampil sebagai starter di 12 partai di pentas Liga Spanyol pada musim lalu.

Sementara di tiga laga yang telah dilakoni Barcelona pada musim ini, Fati selalu memulai laga dari bangku cadangan. Fati, yang hanya mencetak tujuh gol dan empat assist di pentas La Liga musim lalu, dinilai belum mampu menunjukkan kemampuan terbaik usai sempat mengalami cedera lutut parah pada pertengahan musim 2020/2021.

Pemain yang kerap disebut-sebut sebagai calon pengganti Lionel Messi itu pun harus absen selama kurang lebih sembilan bulan akibat cedera lutut tersebut. Pada awal kemunculannya, Fati kerap digadang-gadang bakal menjadi andalan baru Blaugrana.

Berbagai rekor pun pernah ditorehkan Fati, termasuk pencetak gol termuda di sejarah pentas Liga Champions, tepatnya saat mencetak gol ke gawang Inter Milan pada 2019 silam. Saat itu, Fati baru berusia 17 tahun dan 40 hari.

Kini, penggawa timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 itu memiliki kesempatan untuk bisa berkiprah di kompetisi yang benar-benar baru. Begitu pula dengan peluang Fati untuk bisa menemukan kembali performa terbaiknya dengan membela the Seagulls.

Berdasarkan lansiran Sport, the Seagulls akan membayar 80 persen gaji Fati selama menjalani masa peminjaman tersebut. Winger asal Spanyol itu diketahui masih terikat kontrak bersama Barcelona hingga 2027 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement