Senin 04 Sep 2023 20:43 WIB
...

Kontestan Liga Primer Inggris Kembali Pecahkan Rekor di Bursa Transfer Pemain

Klub-klub Inggris menghabiskan Rp 45 triliun dalam berbelanja pemain anyar musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Primer Inggris. Klub-klub Liga Inggris menghabiskan dana sebesar 2,36 miliar poundsterling (Rp 45 triliun) dalam berbelanja pemain anyar di bursa transfer musim panas tahun ini.
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris. Klub-klub Liga Inggris menghabiskan dana sebesar 2,36 miliar poundsterling (Rp 45 triliun) dalam berbelanja pemain anyar di bursa transfer musim panas tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub-klub kontestan Liga Primer Inggris total telah menghabiskan dana sebesar 2,36 miliar poundsterling (Rp 45 triliun) dalam berbelanja pemain anyar di bursa transfer musim panas tahun ini. Dengan besaran tersebut, klub-klub Liga Primer Inggris kembali memecahkan rekor dalam nilai belanja pemain terbesar di sepanjang sejarah jendela transfer musim panas.

Catatan ini melampaui nilai total pembelian pemain anyar yang dilakukan klub kontestan Liga Primer Inggris pada bursa transfer musim panas tahun lalu, yang mencapai 1,92 miliar poundsterling (Rp 36 triliun). Secara khusus, klub-klub di Liga Primer menghabiskan dana transfer sebesar 255 juta poundsterling (Rp 4 triliun) pada hari terakhir bursa transfer musim panas tahun ini, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga

Angka ini melonjak dua kali lipat dibanding periode yang sama pada musim panas tahun lalu, yang menyentuh angka 120 juta poundsterling (Rp 2,3 triliun). Belum menyelesaikan bursa transfer pertengahan musim ini, klub-klub Liga Primer sudah menempati urutan kedua dalam total dana yang dihabiskan dalam dua edisi bursa transfer pemain dalam satu musim kompetisi reguler.

Total nilai belanja pemain sebesar 2,73 miliar poundsterling (Rp 52 triliun) yang dikeluarkan kontestan Liga Primer dalam dua edisi bursa transfer pada musim lalu masih tercatat sebagai rekor nilai pembelian tertinggi. Bukan tidak mungkin, rekor ini akan pecah saat bursa transfer pertengahan musim ini dibuka pada Januari 2024 mendatang.

Pemimpin rekanan Deloitte's Sports Business Group, Tim Bridge, menilai, dengan mencatatkan rekor total nilai pembelian pemain di dua bursa transfer musim panas, klub-klub Liga Primer sudah menunjukkan pertumbuhan yang baik pasca-pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, hal itu juga menunjukkan peningkatan intensitas persaingan antara klub-klub di Liga Primer.

''Lebih tiga perempat klub Liga Primer Inggris (14 klub) telah mengeluarkan dana transfer lebih banyak dibanding pada musim lalu. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan intensitas persaingan di kompetisi ini. Klub-klub merasa perlu mendatangkan pemain anyar berkualitas untuk bisa bersaing dan memenuhi target di atas lapangan, entah itu lolos ke kompetisi Eropa atau bertahan di Liga Primer Inggris,'' ujar Bridge seperti dilansir BBC, Ahad (3/9/2023).

Rekor lain pun terekam dari aktivitas klub-klub Liga Primer di bursa transfer musim panas tahun ini. Sebanyak 13 kesepakatan transfer pemain yang dilakukan klub Liga Primer diketahui memiliki nilai lebih dari 50 juta poundsterling (Rp 959 miliar) atau lebih besar dari dua edisi jendela transfer musim panas sebelumnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement