Senin 04 Sep 2023 20:57 WIB

Amerika Serikat Ditantang Italia, Kanada Jumpa Slovenia pada Perempat Final FIBA World Cup

Spanyol dipastikan kehilangan gelar Piala Dunia Basket yang diraih pada 2019 lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Forward Latvia Rolands Smits (11 ) menembak dijaga forward Lucas Dias (99) pada laga penentuan perempat final FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Jakarta, Indonesia, Ahad (3/9/2023).
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Forward Latvia Rolands Smits (11 ) menembak dijaga forward Lucas Dias (99) pada laga penentuan perempat final FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Jakarta, Indonesia, Ahad (3/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIBA World Cup 2023 sudah menyelesaikan fase kedua grup, delapan tim sudah memastikan lolos ke babak perempat final yang akan digelar pada 5 September 2023 di Manila Filipina.

Sejumlah kejutan terjadi pada fase kedua grup, salah satunya adalah tumbangnya juara bertahan Spanyol dari Kanada dengan skor 88-85. Sehingga Spanyol dipastikan kehilangan gelar yang diraihnya tahun 2019 lalu 

Baca Juga

Kekuatan lainnya, Lithuania secara mengejutkan mengalahkan Amerika Serikat. Dalam laga yang hanya memperebutkan juara grup ini Amerika Serikat dipaksa menyerah 104-110.

Delapan tim yang akan tampil di delapan besar nanti adalah dua tim yang lolos dari Jakarta adalah Kanada dan Latvia. Dua tim yang lolos dari Okinawa Jepang adalah Jerman dan Slovenia. Sedangkan empat tim dari Manila selain Lithuania dan Amerika Serikat ada Italia dan Serbia.

Amerika Serikat akan ditantang Italia, Kanada akan bertemu Slovenia. Berikut ini duel babak perempat final FIBA World Cup 2023 yang akan digelar besok di Manila sebagaimana keterangan yang diterima Republika.co.id.

Lithuania vs Serbia

Lithuania yang berada di posisi ketiga pada tahun 2010 belum pernah kalah di turnamen tahun 2023 dan memasuki babak Perempat Final dengan momentum mengalahkan Amerika Serikat. Serbia bangkit kembali dari kekalahan mereka atas Italia untuk mencapai delapan besar untuk keempat kalinya secara beruntun, termasuk posisi kedua di tahun 2014.

Italia vs Amerika Serikat

Italia akan menghadapi Amerika Serikat setelah menempati posisi pertama di Putaran Kedua, sedangkan Amerika akan sangat ingin bangkit dari kekalahan mereka atas Lithuania untuk mengakhiri babak penyisihan grup. Juara dunia lima kali, Amerika Serikat, memiliki keunggulan 12-2 sepanjang masa atas Italia.

Jerman vs Latvia

Jerman telah berhasil meraih posisi delapan besar untuk pertama kalinya sejak tahun 2006, sedangkan Latvia telah mencapai babak Perempat Final dalam debut mereka. Jerman memiliki keunggulan 3-2 sepanjang masa atas Latvia, memenangkan pertandingan terakhir di FIBA EuroBasket 2011.

Kanada v Slovenia

Kanada mencapai Perempat Final untuk pertama kalinya sejak tahun 1994 dan akan menghadapi Slovenia, yang berada di delapan besar untuk ketiga kalinya secara beruntun. Slovenia dan Kanada hanya pernah bertemu sekali - tim Eropa menang di Turnamen Kualifikasi Olimpiade FIBA 2008.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement