Selasa 05 Sep 2023 06:54 WIB

Onana Kembali Perkuat Timnas Kamerun Setelah Sempat Umumkan Pensiun

Kembali ke timnas Kamerun adalah wujud mimpi Andre Onana.

Kiper Manchester United (MU) dan timnas Kamerun, Andre Onana.
Foto: AP Photo/Jon Super
Kiper Manchester United (MU) dan timnas Kamerun, Andre Onana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper Manchester United (MU) Andre Onana memutuskan untuk kembali membela negaranya, tim nasional (timnas) Kamerun pada kualifikasi Piala Afrika 2023 Grup C ketika melawan Burundi, Rabu (13/9/2023) pukul 02.00 WIB di Infinity Groupe Stadium.

Sebelumnya, Onana sempat memutuskan pensiun membela timnas Kamerun setelah ia terlibat perselisihan dengan pelatih Kamerun di Piala Dunia 2022 Qatar, Rigobert Song. Saat itu, namanya dicoret ketika negaranya hendak melakoni laga kedua di babak penyisihan Grup G melawan Serbia.

Baca Juga

“Dalam beberapa bulan terakhir, saya dihadapkan cobaan yang ditandai dengan ketidakadilan dan manipulasi. Namun rasa cinta dan keterikatan saya yang tak tergoyahkan terhadap tanah air saya, Kamerun, tetap utuh,” tulis Onana dalam akun sosial media Twitter-nya, dilansir Selasa (5/9/2023). “Keinginan saya untuk mewakili negara saya tak pernah goyah sejak masa muda saya, dan aspirasi ini tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas saya. Tak ada dan siapapun yang dapat menggoyahkan keyakinan ini.”

Kiper yang baru didatangkan Man United dari Inter Milan itu mengatakan, kembalinya ia ke Kamerun adalah wujud mimpinya pada masa kecil dan juga keinginannya membantu negaranya bersinar di pentas sepak bola dunia.

“Saya menjawab panggilan negara saya dengan kepastian yang tak tergoyahkan, menyadari bahwa kembalinya saya tidak hanya untuk mewujudkan impian saya, tetapi juga untuk menanggapi ekspektasi dan dukungan masyarakat Kamerun, yang pantas mendapatkan tim nasional yang bertekad untuk bersinar,” tulis kiper 27 tahun itu. “Sekarang adalah waktunya untuk bersatu, bekerja secara harmonis demi kebaikan kita bersama: Kamerun.”

Dalam kesempatan yang sama, Onana memberikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kamerun yang menurutnya terus bekerja keras untuk membangun sepak bola yang lebih baik. Ia juga turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua masyarakat Kamerun yang mendukung ia kembali ke negara kelahirannya.

“Pikiran saya tertuju pada masyarakat Kamerun, kepada mereka saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan mereka, dan saya berharap dapat bertemu lagi,” tulis Onana.

Dilansir Transfermarkt, sejak mencatatkan debut di timnas Kamerun di bawah asuhan pelatih Hugo Broos pada 6 September 2016 melawan Gabon di laga uji coba, hingga kini Onana telah memiliki 34 caps dengan catatan 14 kali cleansheet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement