Selasa 05 Sep 2023 16:01 WIB

Mason Greenwood Ternyata Bisa Kembali ke MU pada Januari 2024

Greenwood diskors MU sejak Januari 2022 karena terkait dugaan pelecehan seksual.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Manchester United (MU), Mason Greenwood.
Foto: EPA-EFE/Alex Pantling
Penyerang Manchester United (MU), Mason Greenwood.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mason Greenwood akhirnya kembali memperkuat tim profesional yang bermain di liga papan atas Eropa yakni La Liga Spanyol bersama Getafe dengan status pinjaman dari Manchester United (MU). Greenwood tak bermain sepak bola kompetitif sejak Januari 2022 karena terlibat kasus percobaan pemerkosaan dan kekerasan kepada perempuan.

MU pun menjatuhkan skorsing kepada Greenwood. Namun kasusnya kemudian dibatalkan pada Februari 2023. Kendati demikian, klub tetap melakukan penyelidikan internal.

Baca Juga

Ada banyak spekulasi setelah itu mengenai kelanjutan karier Greenwood di Old Trafford. Tak sedikit yang menolak Greenwood kembali dipanggil MU. Akhirnya MU mengurungkan niatnya kembali memasukkan Greenwood ke dalam skuad.

Sang pemain telah melakukan latihan secara mandiri sebagai persiapan kembali bermain di level atas. Dan MU berusaha menjualnya secara permanen tetapi tak ada yang berminat.

MU rupanya tidak ingin mengakhiri kontrak Greenwood yang akan selesai 2025 begitu saja. Iblis Merah justru meminjamkannya ke Getafe. Dengan harapan pemain tersebut jauh dari sorotan orang-orang di Inggris. Namun diduga ada klausul yang memungkinkan MU dapat memanggilnya kembali pada Januari 2024 mendatang.

Dilansir dari Sportsmole, Selasa (5/9/2023), MU dapat membawanya kembali jika masa peminjaman Greenwood tidak berhasil sebagaimana tertuang dalam kesepakatan. Potensi kepindahan ke Arab Saudi secara permanen menjadi perdebatan. Arab Saudi kemudian memutuskan tidak mendatangkan Greenwood karena khawatir mendapatkan dampak negatif atas kedatanganngan terhadap citra sepak bola negeri itu.

Selain itu, laporan Atheletic menyebut semua pemain Brentford, AS Roma, AC Milan, dan Borussia Dortmund menolak peluang untuk mengontrak Greenwood. Sementara kepindahan ke Lazio gagal karena kesepakatan tidak tercapai sebelum jendela transfer Liga Italia ditutup.

Greenwood bergabung dengan MU pada usia tujuh tahun dan mewakili tim senior sebanyak 129 kali sebelum ditangkap. Ia mencetak 35 gol dan mencatatkan 12 assist.

Namun, pemain berusia 21 tahun itu tidak masuk skuad Getafe saat kalah dari Real Madrid pada akhir pekan, dan tidak jelas kapan ia akan melakukan debutnya untuk tim asuhan Pepe Bordalas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement