Selasa 05 Sep 2023 21:16 WIB

Bungkam Lithuania, Serbia Jadi Tim Pertama di Babak Semifinal FIBA World Cup 2023

Serbia mengalahkan Lithuania 87-76 di perempat final.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Ignas Brazdeikis (kiri) dari Lithuania berusaha melewati penjaga pemain Serbia Stefan Jovic pada laga perempat final FIBA World Cup 2023 di Manila, Selasa (5/9/2023).
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Ignas Brazdeikis (kiri) dari Lithuania berusaha melewati penjaga pemain Serbia Stefan Jovic pada laga perempat final FIBA World Cup 2023 di Manila, Selasa (5/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PASAY -- Serbia memastikan satu tempat di babak semifinal FIBA World Cup 2023. Tim besutan Svetislav Pesic itu menjadi tim pertama di empat besar FIBA World Cup 2023 usai menyingkirkan Lithuania, 87-68, dalam laga digelar di Mall of Asia Arena, Pasay City, Manila, Filipina, Selasa (5/9/2023) malam.

Dengan torehan ini, Serbia sukses tiga kali melangkah semifinal dalam empat edisi terakhir FIBA World Cup. Serbia mengakhiri FIBA World Cup 2010 di posisi keempat dan tampil di partai final Piala Dunia Basket 2014. 

Baca Juga

Setelah hanya finis di peringkat kelima pada FIBA World Cup 2019, Serbia akhirnya memperbaiki catatan tersebut pada gelaran FIBA World Cup tahun ini. Di babak perempat final, pengoleksi dua gelar juara FIBA World Cup itu tampil begitu dominan atas Lithuania dengan keunggulan 19 poin.

Menutup kuarter kedua dengan tertinggal satu poin dari Lithuania, Serbia mampu bangkit dan tampil menggila pada kuarter kedua. Peringkat enam dunia tersebut sukses mencetak 25 poin. Lithuania pun tidak bisa berbuat banyak dalam menghadapi pertahanan solid Serbia dan hanya mampu mencetak 13 poin.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi di kuarter ketiga. Sementara Serbia terus melaju dengan koleksi 24 poin, Lithuania hanya bisa mencetak 17 poin. Serbia menutup kemenangan dengan keberhasilan mencetak 14 poin di kuarter terakhir, sedangkan Lithuania hanya bisa mengemas 13 poin.

Shooting guard Serbia Bogdan Bogdanovic menjadi bintang di laga ini dengan mengemas poin terbanyak 21 poin. Secara keseluruhan, Bogdanovic memasukkan sembilan dari 13 tembakan, empat rebound, dan tiga assist dalam laga ini. 

Penampilan apik di laga ini menorehkan rekor tersendiri buat pebasket berusia 31 tahun tersebut. Penggawa klub NBA, Atlanta Hawks, itu menjadi satu-satunya pemain yang mampu mengemas lebih dari 20 poin dalam sembilan laga di gelaran FIBA World Cup sejak 2019 silam. Bogdanovic juga menjadi pemain keenam di sepanjang sejarah gelaran FIBA World Cup yang telah mencetak lebih dari 400 poin di kompetisi bola basket antarnegara paling bergengsi sejagat tersebut.

Bogdanovic pun mempersembahkan kemenangan ini untuk rekan setimnya, Borisa Simanic, yang kehilangan satu ginjal usai mengalami cedera pada laga kontra Sudan Selatan, akhir bulan lalu.

''Saya sebenarnya menatap laga ini dengan kondisi gugup. Namun, kemudian saya melihat pesan dari Borisa, yang menyatakan dia baik-baik saja dan meminta kami meraih kemenangan di laga ini. Dia telah mempersatukan tim ini. Jadi, kemenangan in untuk dia,'' kata Bogdanovic di laman resmi FIBA, Selasa (5/9/2023).

Di babak semifinal, Serbia akan menghadapi pemenang di laga babak perempat final lainnya, Kanada kontra Slovenia. Rencananya, laga Kanada kontra Slovenia akan digelar di Mall of Asia Arena, Pasay, Rabu (6/9/2023) waktu setempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement