Rabu 06 Sep 2023 12:21 WIB

Tentunya Bukan Paduka Lorenzo, Ini Rekan Setim Terbaik Valentino Rossi Selama di MotoGP

Rossi sangat nyaman dengan rekannya yang tak terlalu ambisius ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi (kanan) bersama Colin Edwards di lintasan saat masih sama-sama memperkuat Fiat Yamaha dalam sebuah balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, 2007 silam.
Foto: EPA/ALESSANDRO DELLA VALLE
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi (kanan) bersama Colin Edwards di lintasan saat masih sama-sama memperkuat Fiat Yamaha dalam sebuah balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, 2007 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah melintas di balap MotoGP, Valentino Rossi sudah bergonta-ganti pasangan pun rekan setim. Namun dari beberapa tandem Rossi, ada satu nama yang memang dikenal memiliki hubungan dekat dengan the Doctor.

Rossi dikenal tak selalu berhubungan harmonis dengan rekan setimnya, salah satunya Jorge Lorenzo. Keduanya beberapa kali terlibat konflik selama tujuh tahun bersama di Yamaha. Puncak perseteruan keduanya terjadi pada MotoGP 2015.

Baca Juga

Saat itu Rossi menuding 'Paduka' Lorenzo berkonspirasi dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, untuk menjegalnya meraih gelar juara dunia untuk kali ke-10.

Akan tetapi dari semua rekan setim Rossi terdapat satu nama yang disebut-sebut memiliki hubungan manis, yaitu Colin Edwards. Sepanjang kedua rider membela tim Yamaha pada 2004 hingga 2007, Edwards tidak pernah terlibat konflik dengan pemilik sembilan gelar juara tersebut.

Bahkan, dalam narasi panjang antara Rossi dan Edrwards keduanya kerap saling menghormati. Untuk diketahui sebelum merapat ke Yamaha, rider berjuluk the Texas Tornado itu membela panji Honda Gresini.

"Saya selalu baik-baik saja dengan Valentino Rossi. Kami saling menyukai karakteristik masing-masing ketika berada di atas roda dua. Kami pun tak terlalu serius menanggapi banyak hal, jadi saya rasa kami adalah tim yang baik," kata Colin Edwards menjelaskan beberapa waktu lalu, dinukil pada Rabu (6/9/2023).

Colin Edwards merupakan juara dunia World Superbike 2000 dan 2001. Baru pada tahun 2003 pembalap asal Amerika Serikat itu pindah ke ajang MotoGP dengan membela tim Aprilia sebelum setahun kemudian merapat ke Honda Gresini Racing.

Rossi pernah diwawancarai oleh anak Colin Edwards, Hayes Colin...

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement