Kamis 07 Sep 2023 06:44 WIB

Digadang-gadang Pemain Naturalisasi Terbaik, Jay Idzes Bakal Memperkuat Timnas Indonesia?

Jay Idzes saat ini masih membela klub Serie B Liga Italia, Venezia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Serie B Italia, Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi naturalisasi.
Foto: Dok. PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Serie B Italia, Venezia, Jay Idzes. Jay resmi dibawa ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi naturalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek tangguh yang memperkuat klub Serie B Liga Italia, Venezia, Jay Idzes, akan segera menjalani proses naturalisasi. Bek yang lahir di Belanda dan memiliki keturunan Indonesia dari sang kakek itu diproyeksikan bakal memperkuat timnas senior Indonesia di ajang internasional.

Dengan usia yang masih sangat potensial, 23 tahun, Jay boleh dibilang memiliki ruang untuk semakin berkembang.

Baca Juga

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Rabu (6/9/2023).

Kedatangan Jay boleh dibilang berbeda dengan pemain naturalisasi lain di timnas. Jay masih sedang berada di puncak karier dan permainan. Dia adalah bek utama klub yang berpeluang besar promosi ke Serie A musim depan. Musim lalu dia menjadi bek andalan klub papan tengah Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles.

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga optimistis Jay bakal menjadi pemain dengan kualitas terbaik yang dinaturalisasi timnas Indonesia. Baik secara fisik dan catatan karier profesional, Jay memiliki keunggulan dibanding pemain lain yang pernah dinaturalisasi timnas.

"Ini membuktikan Pak Erick itu kalau memilih pemain betul-betul berkualitas, tidak main-main. Dia ingin yang diambil itu kelasnya grade A, standar utama kompetisi Eropa," kata Arya.

Jay memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Jakarta. Ia lahir di Belanda, di mana kedua orang tuanya tinggal, dan sudah bermain sepak bola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepak bola Jay dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu.

Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement