Kamis 07 Sep 2023 23:09 WIB

Deschamps: Prancis Selalu Kesulitan Hadapi Republik Irlandia

Prancis tak bisa menang lebih dari satu gol dari empat laga terakhir lawan Irlandia.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih Prancis Didier Deschamps.
Foto: AP Photo/Christophe Ena
Pelatih Prancis Didier Deschamps.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Prancis tercatat mengoleksi empat kemenangan dari lima bentrokan terakhir dengan Republik Irlandia di laga kompetitif. Namun, dalam empat kemenangan tersebut, Les Bleus tidak pernah bisa meraih kemenangan dengan keunggulan lebih dari satu gol atas Republik Irlandia.

Teranyar, gol semata wayang Benjamin Pavard pada menit ke-50 menjadi gol kemenangan Prancis kala bertandang ke markas Republik Irlandia di penyisihan Grup B babak kualifikasi Piala Eropa 2024, akhir Maret silam. Gol Pavard itu pun tercipta lantaran blunder dari kiper Republik Irlandia, Josh Cullen.

Baca Juga

Keberhasilan Les Bleus mencuri kemenangan di laga itu juga tidak terlepas dari penampilan gemilang Mike Maignan di bawah mistar gawang. Penjaga gawang AC Milan itu melakukan sejumlah penyelamatan gemilang dalam laga di Stadion Aviva, Dublin, tersebut.

Prancis pun tengah bersiap untuk kembali berhadapan dengan Republik Irlandia di lanjutan penyisihan babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Kylian Mbappe dan kawan-kawan akan menjamu tim berjuluk The Boys in Green itu di Stadion Parc de Princess, Jumat (7/9/2023) dini hari WIB.

Pelatih Prancis Didier Deschamps sepertinya tidak mau menganggap enteng kemampuan Republik Irlandia untuk bisa membuat kejutan di laga tersebut. Berkaca dari rekor pertemuan dengan Republik Irlandia, Deschamps mengakui, laga menghadapi Republik Irlandia tidak pernah berjalan mudah buat anak-anak asuhnya.

''Selalu ada kerumitan tersendiri saat menghadapi Republik Irlandia,'' kata Deschamps seperti dilansir RTE, Kamis (7/9/2023).

Dari lima pertemuan terakhir menghadapi Republik Irlandia di laga kompetitif, Prancis hanya mampu mencetak total enam gol dan kebobolan dua gol, dengan torehan empat kemenangan dan satu hasil imbang. Kemenangan terbesar yang dicatatkan Prancis selama periode tersebut adalah saat menang, 2-1.

Kewaspadaan serupa juga diungkapkan penyerang Timnas Prancis, Antoine Griezmann. Penggawa Atletico Madrid tersebut menilai, Republik Irlandia memiliki kemampuan untuk menyulitkan Les Bleus. Griezmann mendasarkan anggapan tersebut dengan mengacu pada laga lawatan ke Dublin.

''Kami benar-benar kesulitan saat meredam serangan mereka. Kami bisa lolos dengan baik untuk bisa meraih kemenangan di Dublin. Jika kami bisa lebih sering menguasai bola, maka kami sepertinya tidak akan terlalu kesulitan. Saya harap, kami bisa melakukan hal itu di laga ini,'' tutur Griezmann.

Tidak hanya soal raihan kemenangan, Deschamps pun berharap, anak-anak asuhnya bisa mengatasi perlawanan Republik Irlandia dengan keunggulan gol yang lebih banyak. ''Target utamanya adalah bisa meraih kemenangan, tapi bisa beberapa kali mencetak gol ke gawang mereka akan lebih baik. Tambahan tiga poin di laga ini akan membawa kami berada di posisi yang lebih baik,'' kata mantan pelatih Juventus tersebut.

Torehan kemenangan beruntun di empat laga awal membawa Prancis memimpin klasemen sementara Grup B Babak Kualifikasi Piala Eropa 2024. Les Blues unggul enam poin dari peringkat kedua. Namun, dibanding pesaing-pesaing terberatnya di Grup B, Prancis telah melakoni laga lebih banyak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement