Kamis 07 Sep 2023 23:59 WIB

Lithuania Permalukan Luka Doncic dan Slovenia

Lithuania mengalahkan Slovenia 100-84 dalam laga penentuan peringkat 5-8.

Bintang Slovenia, Luka Doncic
Foto: PA-EFE/MARK R. CRISTINO
Bintang Slovenia, Luka Doncic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah secara mengejutkan berhasil mengalahkan tim Amerika Serikat pada babak penyisihan grup, Lithuania kini mempermalukan bintang NBA Luka Doncic bersama negaranya, Slovenia. Lithuania mengalahkan Slovenia 100-84 pada babak klasifikasi atau penentuan peringkat FIBA World Cup 2023 di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Kamis (7/9/2023).

Lithuania yang bermain bola basket sebagai satu tim bisa mengempaskan Slovenia yang diperkuat oleh jagoan NBA Luka Doncic dari klub Dallas Mavericks.

Baca Juga

Berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi FIBA, dalam tujuh gim yang dimainkan Doncic pada Piala Dunia FIBA 2023, mantan NBA All Star 202 itu menjadi top skor kompetisi dengan torehan 187 poin, atau 26,7 poin per gim. Namun, performa itu tak memberikan hasil terbaik untuk Slovenia. 

Pada laga melawan Lithuania kali ini pun Doncic masih menjadi mesin angka bagi Slovenia dengan mencetak 29 poin. Namun, permainan yang menyeluruh dari para pemain Lithuania berhasil mencetak poin sampai 100 secara kolektif.

Jonas Valanciunas mencatat double-double dengan 24 poin dan 12 rebound bagi Lithuania. Ignas Brazdikis mencetak 15 poin, dan Deividas Sirvydis dan Mindaugas Kuzminskas masing-masing mencetak 14 poin.

Permainan secara tim tergambar jelas di catatan statistik Lithuania yang membukukan 28 assist dibanding Slovenia yang hanya mengandalkan keahlian individu Doncic dengan torehan 12 umpan matang.

Akurasi tembakan jauh unggul dibanding Slovenia, yaitu 59 persen berbanding 38 persen. Lithuania pun nyaman dengan keunggulannya sejak kuarter pertama hingga laga usai tanpa terusik sedikit pun dari Luka Doncic dkk. Bahkan, Lithuania sempat membuat selisih poin hingga 23 angka. 

Selanjutnya, Lithuania akan memperebutkan peringkat lima dalam Piala Dunia FIBA 2023 melawan Latvia pada laga yang digelar Sabtu (9/9/2023). Sementara Slovenia akan melawan Italia di hari yang sama untuk mencari peringkat tujuh dan delapan dalam kompetisi ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement