Jumat 08 Sep 2023 01:36 WIB

Van Dijk: Liverpool dalam Masa Transisi

Van Dijk menjadi kapten Liverpool menggantikan Jordan Henderson.

 Kapten Liverpool Virgil van Dijk
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Kapten Liverpool Virgil van Dijk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten Liverpool dan Belanda, Virgil van Dijk, percaya bahwa tim asal Merseyside itu sedang berada dalam fase transisi. Ia menegaskan, memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada klub dan negara setelah menjalani kesulitan bersama the Reds pada musim lalu.

Pernah menjadi pemain favorit penggemar yang tidak bisa melakukan kesalahan, pemain berusia 32 tahun itu dikritik karena penampilannya musim lalu. Namun, ia mengatakan kepada wartawan bahwa ia merasa telah memulai musim baru dengan awal yang menjanjikan, meskipun diusir dari lapangan saat melawan Newcastle United, bulan lalu.

Baca Juga

"Kami berada dalam fase transisi dengan Liverpool," kata Van Dijk kepada media Belanda menjelang pertandingan kualifikasi Kejuaraan Eropa Belanda melawan Yunani di Eindhoven pada Kamis (7/9/2023).

"Jadi tentu saja senang rasanya manajer (Juergen Klopp) masih menganggap saya sebagai bagian dari tim baru, bisa dikatakan Liverpool 2.0. Kami berbicara banyak di minggu-minggu pertama persiapan. Itu menunjukkan kepercayaan diri saya."

Liverpool finis di posisi kelima yang mengecewakan di Liga Primer musim lalu. The Reds gagal tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2015-16.

Van Dijk ditunjuk sebagai kapten Liverpool setelah kepergian Jordan Henderson ke Arab Saudi pada bulan Juli. Ia mengatakan bahwa ada perbedaan peran untuk klub dan negara.

"Tentu saja saya bangga dan ini adalah tanggung jawab yang besar," katanya. "Ini tidak berbeda dengan tim nasional Belanda, namun bersama Oranje Anda sering hanya bersama selama beberapa hari, jadi jumlah tugas sebagai kapten tidak terlalu buruk.

"Ada banyak hal yang terlibat di klub, baik di dalam maupun di luar lapangan. Anda terlibat dalam hampir semua hal."

Van Dijk diusir keluar lapangan setelah 28 menit dalam kemenangan 2-1 di Newcastle. Ia diduga mengumpat kepada wasit saat meninggalkan lapangan, dan telah didakwa oleh FA karena bertindak tidak patut setelah mendapat kartu merah.

"Itu tidak biasa ...

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement