Jumat 08 Sep 2023 21:44 WIB

Perkasa, Timnas Indonesia Bekuk Turkmenistan 2-0 di Surabaya

Gol Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Winger timnas Indonesia Egy Maulana Fikri merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Turkmenistan.
Foto: dok PSSI
Winger timnas Indonesia Egy Maulana Fikri merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Turkmenistan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Indonesia berhasil memetik hasil positif dari laga FIFA Matchday kontra Turkmenistan. Timnas Indonesia menaklukkan Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/23) malam. Gol Dendy Sulistyawan pada babak pertama dipadu lesakan Egy Maulana Vikri pada injury time laga menentukan kemenangan Indonesia.

Timnas Indonesia sebagai tuan rumah bermain dengan formasi 3-4-3, sementara tim lawan Turkmenistan bermain dengan formasi 4-4-2.

Baca Juga

Baru empat menit laga dimulai, Turkmenistan langsung melepaskan tendangan yang keras dari Ballakov dan mengarah ke gawang. Namun masih dapat ditepis kiper Nadeo Argawinata.

Saddil Ramdani dengan solo runnya melewati tiga pemain Turkmenistan. Ia kemudian dilanggar pada menit ke-11 dan menghasilkan tendangan bebas cukup dekat ke gawang. Sayang, eksekusi Saddil membuat bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Tidak butuh waktu lama, gol pertama tercipta untuk Indonesia pada menit ke-19. Dari jarak yang cukup jauh Dendy Sulistyawan melepaskan tendangan lambung yang tidak bisa digapai kiper Babayev. Keunggulan sementara 1-0 untuk timnas Indonesia.

Kartu kuning pertama diberikan di menit ke-26 kepada pemain Turkmenistan yaitu Guychmyrat. Ia dengan sengaja menjatuhkan Saddil Ramdani yang sedang menggiring bola dalam upaya serangan balik.

Turkmenistan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-36. Tagayev melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya yang mengarah kencang. Namun bola tendangannya masih berada di samping tiang gawang kanan Nadeo.

Indonesia kembali memberikan serangan berbahaya di menit ke-41. Gelandang Adam Alis memberikan operan kepada Edo Febriansyah yang berada di sayap. Edo meneruskannya kepada Dendy yang berada di depan gawang. Kiper Turmenistan Babayev langsung maju dan mengambil bola.

Sampai tiga menit waktu tambahan di babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta. Keunggulan sementara 1-0 untuk timnas Indonesia di babak pertama.

Babak kedua dimulai, Egy dimasukkan menggantikan Alfeandra Dewangga. Indonesia langsung bermain menyerang setelah peluit ditiup.

Baru dua menit waktu berjalan di babak kedua Indonesia langsung menyerang dari sisi kanan Babayev. Dendy Sulistyawan berhasil lolos dari offside dan melepaskan tendangan tetapi bola masih melambung ke atas.

Kartu kuning kedua diberikan kembali kepada Turkmenistan, kali ini kepada sang kapten Elman Tagayev setelah melanggar Saddil Ramdani pada menit ke-51.

Ricky Kambuaya harus ditandu keluar setelah dilanggar oleh pemain lawan dengan cukup serius dan harus digantikan dengan Rachmat Irianto pada menit ke-60.

Indonesia kembali hampir mencetak gol di menit ke-61 setelah Egy berhasil melespakan tendangan yang mengarah ke gawang Turkmenistan. Namun masih dapat diamankan kiper Babayev.

Turkmenistan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-65, setelah tendangan bebas yang dilakukan Tagayev berhasil lolos dari pagar betis, tetapi bola masih membentur atas tiang gawang Indonesia

Di menit ke-76 Turkmenistan kembali membsapatkan peluang setelah Caryyev melepaskan tendangan cukup keras, tetapi bola masih dapat ditangkap kiper Nadeo.

Gol kedua tercipta untuk timnas Indonesia pada menit pertama injury time. Umpan yang diberikan oleh sesama pemain pengganti, Stefano Lilipaly kepada Egy kemudian diteruskan denagn tendangan keras dan tidak bisa dijangkau oleh kiper Babayev. Indonesia pun memastikan kemenangan atas Turkmenistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement