Jumat 08 Sep 2023 21:50 WIB

Sempat Jadi Pemain Termahal Arsenal, Pepe Dilepas Murah ke Klub Asal Turki

Pepe akan memperkuat Trabzonspor musim depan.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Nicolas Pepe (kiri)  saat masih membela Arsenal.
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Nicolas Pepe (kiri) saat masih membela Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal akhirnya bisa mengakhiri kerja sama dengan winger asal Pantai Gading Nicolas Pepe. Winger berusia 28 tahun itu bakal merapat ke klub asal Turki, Trabzonspor, pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Pepe, yang melakoni masa peminjaman di Nice sepanjang musim lalu, sudah tidak masuk dalam rencana pelatih Arsenal Mikel Arteta pada musim ini. Alhasil, pemain yang masih memiliki sisa kontrak setahun bersama The Gunners masuk dalam daftar pemain yang siap dijual.

Baca Juga

Namun, hingga jendela transfer pemain Liga Primer Inggris ditutup pada Jumat, 1 September, silam, Arsenal tidak kunjung menerima tawaran secara formal untuk perekrutan eks winger Lille tersebut. Beruntung, klub asal Turki, Trabzonspor, mengungkapkan ketertarikan terhadap Pepe.

Meski bursa transfer pemain di Liga Primer Inggris telah ditutup, kepindahan Pepe tersebut tetap bisa dilakukan. Pasalnya, bursa tranfer pemain di Liga Turki belum ditutup. Kepindahan Pepe ini pun dikonfirmasi dengan unggahan di akun media sosial Trabzonspor.

Dalam unggahan tersebut, Pepe terlihat berada di dalam kabin pesawat dan sudah mengenakan jersey Trabzonspor. ''Saya datang untuk menjadi juara dan meraih kesuksesan,'' kata Pepe dalam unggahan video tersebut seperti dilansir BBC, Jumat (8/9/2023).

Kabarnya, Pepe akan menjalani tes medis pada Jumat (8/9/2023) waktu setempat sebelum meneken kontrak dengan durasi satu tahun bersama Trabzonspor. Sejumlah media asal Inggris menyebut, termasuk BBC menyebut, Pepe direkrut oleh Trabzonspor dengan status bebas transfer.

Status kepindahan ini tidak terlepas dengan kesepakatan antara manajemen The Gunners dengan Pepe untuk mengakhiri ikatan kerja sama. Kendati begitu, lansiran dari Get French Football News (GFFN) mengungkapkan, Trabzonspor rela merogoh kocek sedalam tiga juta euro untuk bisa mendatangkan Pepe dari The Gunners.

Terlepas dari perbedaan klaim tersebut, Arsenal sepertinya rela menelan kerugian asalkan bisa melepas Pepe. Maklum, saat didatangkan pada 2019 silam dari Lille, Pepe ditebus dengan nilai transfer mencapai 79 juta euro. 

Saat itu, Pepe menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan Arsenal, melampaui biaya transfer kepindahan Pierre Emerick-Aubameyang. Rekor milik Pepe itu akhirnya pecah saat klub asal London Utara itu mendatangkan Declan Rice dari West Ham United dengan biaya transfer mencapai 100 juta poundsterling pada awal musim ini. 

Sejak membela Arsenal, Pepe memang tidak mampu menjawab ekpektasi besar yang disematkan kepada dirinya. Pada musim debutnya membela The Gunners, Pepe hanya bisa mencetak delapan gol dari 42 penampilan di semua ajang. Tren peningkatan performa Pepe pun cenderung lambat.

Eks winger Angers itu hanya mengemas 16 gol dari 47 penampilan di semua ajang pada musim berikutnya. Bahkan, pada musim 2021/2022, Pepe hanya bisa mencetak tiga gol dari 23 penampilan. Secara keseluruhan, Pepe hanya menyumbang 27 gol dari 112 penampilan bersama The Gunners di semua ajang.

Arsenal akhirnya meminjamkan Pepe ke klub asal Prancis, Nice, pada sepanjang musim lalu. Di Nice, performa winger Timnas Pantai Gading itu juga terbilang jauh dari kata impresif. Pepe hanya mengemas delapan gol dan satu assist dari 28 penampilan di semua ajang.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement