Sabtu 09 Sep 2023 06:34 WIB

Rangkaian Haornas, 2.200 Peserta di DKI Ikuti Jalan Sehat untuk Sosialisasi PON XXI/2024

Masyarakat diharapkan ikut berperan aktif memberikan dukungan kepada seluruh atlet.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Panitia Jalan Sehat sekaligus Sekum KONI DKI Jakarta, Aminullah.
Foto: Rep/Fitriyanto
Ketua Panitia Jalan Sehat sekaligus Sekum KONI DKI Jakarta, Aminullah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 2.200 peserta mulai dari atlet, pelatih, dan pengurus KONI Provinsi DKI Jakarta akan mengikuti Jalan Sehat pada Ahad (10/9/2023) yang dimulai pukul 06.00 WIB. Jalan Sehat ini akan menempuh jarak sekitar 6 km dimulai dari Jalan Merdeka Selatan (depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta) kemudian menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan kembali ke Balai Kota.

"Penyelenggaraan Jalan Sehat ini selain sebagai rangkaian Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang selalu diperingati tiap tanggal 9 September, juga dalam upaya mensosialisasikan penyelenggaraan Pekan Olahraga (PON) XXI yang akan diadakan di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara pada September 2024," kata Ketua Panitia Jalan Sehat KONI DKI Jakarta, Aminullah, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga

Menurut Aminullah yang juga Sekretaris Umum KONI DKI Jakarta ini, kegiatan serupa dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh masing-masing KONI provinsi. Ini sesuai dengan surat yang diterima oleh KONI Provinsi DKI dari KONI pusat.

"Tujuannya adalah memberi informasi kepada masyarakat bahwa tepat satu tahun lagi kita akan mengikuti perhelatan olahraga terbesar di negeri ini," ujar Aminullah.

Wakil Ketua Panitia Jalan Sehat KONI DKI Jakarta, Jamran, menjelaskan, kontingen DKI Jakarta memiliki target untuk menjadi yang terbaik dan kembali menjadi juara umum, sesuai dengan harapan pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat DKI Jakarta.

"Sedangkan bagi KONI Provinsi DKI juga berharap dengan kegiatan ini, masyarakat dapat ikut berperan aktif memberikan dukungan kepada seluruh atlet. Masyarakat juga dapat melihat secara langsung para atlet saat Jalan Sehat ini diadakan," jelas Jamran.

Jamran menambahkan, KONI Provinsi DKI juga ingin menyebarkan tekad semangat para atlet dan seluruh support system olahraga melalui motto (tag line) "JAKARTA DATANG, JAKARTA MENANG".

"Jalan Sehat ini akan diikuti kurang lebih 2.200 orang. Terdiri dari para atlet Pelatda DKI dari seluruh cabang olahraga (cabor), termasuk para pelatih, asisten pelatih yang juga akan didampingi oleh para pengurus cabang olahraga tingkat Provinsi DKI Jakarta. Termasuk para pengurus dan karyawan KONI, baik tingkat provinsi maupun tingkat kota dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," tegas Jamran.

Selain itu, Jalan Sehat ini juga diikuti Ketua KONI DKI Jakarta DR Hidayat Humaid MPd, Waketum I Aldwin Rahardian, Waketum II Gde Sardjana, Waketum III Anas Fatchul, Waketum IV Yusran Arief dan Waketum V Nur Ali, serta pimpinan dan pengurus lainnya.

Sekretaris Panitia Jalan Sehat KONI DKI Jakarta, Herman Sukmadipura menambahkan, kegiatan ini juga akan melibatkan para atlet kontingen DKI berjumlah 400 orang yang baru saja mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke-16 yang diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatra Selatan.

"Dalam POPNAS XVI tahun 2023, kontingen DKI menjadi juara umum dengan perolehan medali masing-masing 84 medali emas, 49 perak, dan 47 perunggu," ujar Herman.

Kegiatan Jalan Sehat ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga DKI, juga dari badan usaha milik daerah (BUMD), yakni Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) dan PT Bank DKI.

"Rencananya Jalan Sehat ini akan dilepas oleh Pj. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan diikuti juga oleh Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi serta anggota Forkopimda lainnya. Juga para direksi dan jajaran pimpinan PAM Jaya, Bank DKI," kata Herman menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement