Sabtu 09 Sep 2023 19:21 WIB

Mimpi Biaggi, Duduk Berdua Bersama Valentino Rossi Mengenang Rivalitas Masa Lalu

Biaggi dan Rossi pernah berselisih hebat pada masa lalu.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Valentino Rossi (kiri) sedang mengejar rivalnya, Max Biaggi dalam balapan MotoGP di Belanda, pada 2001 silam.
Foto: EPA PHOTO ANP/ROBERT VOS/fob
Valentino Rossi (kiri) sedang mengejar rivalnya, Max Biaggi dalam balapan MotoGP di Belanda, pada 2001 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, MISANO -- Sebuah acara digelar khusus untuk Valentino Rossi di kampung halamannya di Tavullia. Ribuan penggemar terlibat dalam kegiatan tersebut.

Wali Kota Tavullia Franscesca Paolucci turut hadir. Ia mengapresiasi perjalanan karier The Doctor, sosok yang membuat kota kecil di Italia itu terkenal di seluruh dunia.

Baca Juga

Rossi sudah berstatus legenda hidup dunia balapan. Selama menjalani karier profesional, ia bersaing dengan sejumlah nama di berbagai generasi. Ia mengingat semua rivalnya. The Doctor menyebut tiga nama. Ada Casey Stoner, Jorge Lorenzo, hingga Max Biaggi. Rossi mengaku sudah berdamai dengan para jawara tersebut. 

Di kesempatan terpisah, Biaggi merespons perkataan Rossi. Secara pribadi ia tak sempat melihat acara tersebut. Ia sedang menghadiri presentasi Aprilia RS 457. Namun, ia mendengar namanya disebutkan. 

Biaggi senang akan hal itu. Ia juga tak memiliki sesuatu yang disimpan perihal sengitnya persaingan pada masa lalu. Apa yang terjadi di lintasan telah berlalu.

"Bercanda, setelah Rossi pensiun dari MotoGP, saya mengatakan itu. Mungkin dengan umur yang panjang, waktunya tiba untuk bertemu lagi, dan mengingat saat-saat itu di depan segelas anggur. Siapa yang tahu, segala sesuatu bisa saja terjadi," kata sosok kelahiran Roma itu, dikutip dari gpone.com, Sabtu (9/9/2023).

Rossi dan Biaggi terlibat rivalitas memanas di pertengahan 1990-an hingga awal 2000-an. Pada balapan musim 2021, dua Italiano ini bertengkar sengit di sebuah restoran di Suzuka, Jepang. 

Ketika bertarung di lintasan, Biaggi sempat mendorong Rossi ke luar lintasan. The Doctor merespons dengan mengacungkan jari tengah ke kompatriotnya.

Masih di musim yang sama, di GP Katalunya, perseteruan memuncak. Rossi dan Biaggi bertengkar, melibatkan rombongan masing-masing. Insiden tersebut terjadi sesaat sebelum keduanya naik podium.

Dua pekan kemudian, sebelum MotoGP Assen, Rossi dan Biaggi sepakat untuk melupakan kejadian di Barcelona. Mereka berjabat tangan di depan media. Setelahnya, persaingan mereka tetap ada, tapi sebagian besar terjadi di sirkuit.

Biaggi yang mengoleksi empat gelar juara di kelas 250 cc, tidak pernah menjadi kampiun MotoGP. Ia lantas pindah ke Superbike sejak 2007. Selama di Superbike, ia meraih dua gelar juara dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement