Sabtu 09 Sep 2023 23:17 WIB

9 Gol, Tanggal 9, Bulan 9, Keunikan Kemenangan Indonesia U-23 Atas China Taipei U-23

Kemenangan timnas U-23 bertepatan dengan Haornas.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia berfoto sebelum pertandingan melawan Timnas Taiwan pada Kualifikasi Grup K AFC U23 Asian Cup 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). Pada pertandingan ini Timnas Indonesia berhasil mencukur Timnas Taiwan dengan skor 9-0. Dengan hasil ini Indonesia berhasil menempati posisi pertama Grup K.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia berfoto sebelum pertandingan melawan Timnas Taiwan pada Kualifikasi Grup K AFC U23 Asian Cup 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). Pada pertandingan ini Timnas Indonesia berhasil mencukur Timnas Taiwan dengan skor 9-0. Dengan hasil ini Indonesia berhasil menempati posisi pertama Grup K.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 mengawali kiprah di penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan langkah menyakinkan. Tidak tanggung-tanggung, Garuda Muda berpesta gol ke gawang China Taipei, sembilan gol tanpa balas, dalam laga di Stadion Mahanan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Ini tercatat menjadi kemenangan terbesar Timnas Indonesia U-23 sejak 2001. Tidak hanya itu, kemenangan besar pada laga penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 juga mengantarkan Indonesia menggeser Turkmenistan di puncak klasemen sementara.

Baca Juga

Kemenangan ini lantas menjadi sorotan tersendiri di jagat media sosial. Berbagai komentar memenuhi unggahan akun resmi Timnas Indonesia terkait kemenangan besar Garuda Muda atas China Taipei U-23 ini. Salah satu sorotan paling menarik dari berbagai komentar tersebut adalah keunikan soal waktu dan jumlah selisih gol kemenangan di laga ini.

Secara kebetulan, kemenangan Garuda Muda, sembilan gol tanpa balas, ini bertepatan dengan tanggal sembilan bulan September (bulan kesembilan dalam penanggalan Masehi). Selain itu, laga yang dimulai pada pukul 19.00 malam WIB ini juga berakhir pada pukul 21.00 malam WIB atau pukul sembilan malam.

Kemenangan ini juga bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September setiap tahunnya.

''Tanggal 9, bulan 9, 9 gol. Real Happy 9.9 Garuda,'' tulis salah satu akun instagram dalam kolom komentar unggahan akun Timnas Indonesia, Sabtu (9/9/2023) malam WIB.

Selain itu, sejumlah akun pengguna Instagram juga mengaitkan kemenangan Indonesia dengan promo belanja atau diskon, yang kerap diusung platform marketplace saat sebuah hari menunjukan tanggal yang sama dengan bulan. 

Unggahan ini tentu saja diiringi dengan emotikon yang menunjukan wajah orang tertawa yang menunjukan sebagai gurauan belaka. ''Taipei lagi promo 9.9 flash sale sama obral gol ke Indonesia,'' tulis salah satu akun pengguna instagram.

Kendati begitu, ada pula sejumlah akun yang menyebutkan soal penampilan impresif Ivar Jenner di laga tersebut. Kendati tidak mencetak gol, Jenner dinilai tampil apik dengan memberikan dua assist, termasuk saat memberikan assist ke Witan Sulaeman ke gol keempat Indonesia.

Salah satu pemain naturalisasi itu tampil begitu tenang dan menunjukan visi bermain yang cukup apik di laga ini. Padahal, laga ini merupakan debut Jenner bersama Timnas Indonesia. Bahkan, dari penampilan di laga ini, Jenner dinilai memiliki kemiripan dengan gelandang serang Manchester City, Kevin de Bruyne. ''Ivar de Bruyne Jenner,'' tulis salah satu akun di kolom komentar tersebut.

Meski berhasil memetik kemenangan besar di laga ini, tim besutan Shin Tae-yong itu tetap diharapkan tidak cepat puas dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menatap laga selanjutnya. Maklum, di laga selanjutnya, Ramadhan Sananta dan kawan-kawan akan menghadapi Turkmenistan, yang dianggap memiliki level permainan yang lebih tinggi dibanding China Taipei.

Terlebih, duel Indonesia U-23 kontra Turkmenistan U-23, yang bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023) malam WIB, akan menjadi penentu satu tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Pemuncak klasemen akhir di babak kualifikasi berhak melangkah langsung ke putaran final.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement