Sabtu 09 Sep 2023 23:58 WIB

Lamine Yamal Ukir Dua Rekor di Timnas Spanyol

Lamine Yamal membela Spanyol dalam usia 16 tahun 57 hari.

Lamine Yamal
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Lamine Yamal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain muda milik FC Barcelona Lamine Yamal baru saja mengukir dua rekor untuk tim nasional Spanyol. Ia menjadi debutan termuda dan pencetak gol termuda saat La Roja menang 7-1 atas Georgia di Stadion Boris Paichadze, Jumat (8/9/2023) waktu setempat, dalam lanjutan laga kualifikasi Euro 2024 Jerman untuk Grup A.

Yamal yang masuk pada menit ke-44 menggantikan Dani Olmo menjadi debutan termuda Spanyol dengan usia 16 tahun 57 hari. Ia mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang rekan setimnya di Blaugrana, Gavi yang mencatatkan debut pada usia 17 tahun 62 hari saat melawan Italia di semifinal UEFA Nations League 2021 pada 10 Juni 2021.

Baca Juga

Pesepak bola 13 Juli 2006 itu lalu kembali membukukan rekor pada laga melawan Georgia yaitu ketika menjadi pencetak gol termuda Spanyol di usia 16 tahun 57 hari.

Yamal mencetak gol terakhir Spanyol melalui tendangan kaki kiri setelah memanfaatkan umpan Nico Williams yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Georgia.

Rekor ini kembali mengalahkan Gavi yang mencetak gol debut untuk timnas Spanyol pada usia 17 tahun 304 hari. Saat itu, Gavi melesatkan gol ke gawang Republik Ceko saat timnya bermain imbang 2-2 pada 6 Mei 2022 di ajang UEFA Nations League A.

“Tentu saja saya gembira atas debut dan gol saya. Ini mimpi. Saya hidup dalam mimpi sekarang,” kata Yamal, dilansir dari BBC, Sabtu (9/9/2023).

Mencetak dua rekor sekaligus dalam satu pertandingan, Yamal lalu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada rekan satu tim dan juga pelatih Spanyol, Luis De La Fuente yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya.

“Saya sangat senang dan saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim dan pelatih atas kepercayaan yang diberikannya kepada saya, dan kepada semua orang yang telah membantu saya di jalur ini,” ucap Yamal.

Kemenangan telak 7-1 dari Georgia membuat juara dunia 2010 itu menepati posisi kedua klasemen kualifikasi Euro 2024 Jerman Grup A dengan 6 poin dari tiga pertandingan, terpaut 9 poin dari pimpinan klasemen sementara yaitu Skotlandia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement