Selasa 12 Sep 2023 16:16 WIB

Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi di Riyadh, Rahmat Sabet Gelar The King of Clean and Jerk

Rekor dunia Clean and Jerk kategori 81 kg ini menjadi rekor dunia kedua bagi Rahmat.

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah. Rahmat memecahkan rekor dunia angkatan Clean and Jerk seberat 209 kg dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF World Championships 2023.
Foto: ANTARA/Zabur Karuru
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah. Rahmat memecahkan rekor dunia angkatan Clean and Jerk seberat 209 kg dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF World Championships 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH  -- Atlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, mencetak prestasi luar biasa pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF World Championships 2023 di Prince Faisal bin Fahad Olympic Complex, Riyadh, Arab Saudi, Senin (11/9/2023). Rahmat berhasil memecahkan rekor dunia dengan angkatan Clean and Jerk seberat 209 kg dalam kategori 81 kg.

Rahmat juga meraih medali emas dan perak sebagai atlet terbaik di Grup B, dengan angkatan Snatch 145 kg dan Clean and Jerk 209 kg, total angkatan 354 kg.

Baca Juga

Duta Besar RI Riyadh, Dr Abdul Aziz Ahmad, hadir menyaksikan dan menyematkan medali kepada Rahmat Erwin Abdullah.

"Selamat kepada Rahmat!" ujar Dubes Aziz dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023). "Prestasi Rahmat Erwin Abdullah tak hanya menginspirasi atlet lain dan kebanggaan bangsa Indonesia, tetapi juga menjadi inspirasi penguatan hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi pada bidang olahraga."

Dubes Aziz menekankan pentingnya penyelenggaraan event olahraga internasional di Arab Saudi sebagai bagian dari Visi Arab Saudi 2030 yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat hubungan bilateral RI-Arab Saudi pada bidang olahraga.

Rahmat Erwin Abdullah, yang lahir di Makassar pada 13 Oktober 2000, sebelumnya memenangkan perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 dalam kategori 73 kg. Namun, dalam kejuaraan IWF World Championships 2023 di Riyadh ini, ia bersaing di kategori 81 kg, menampilkan performa konsisten di Grup B tanpa bersaing di Grup A yang diisi oleh lifter-lifter kelas dunia.

Dalam angkatan Snatch, Rahmat berhasil mengangkat 145 kg, tanpa mengubah berat angkatan tersebut pada kesempatan berikutnya. Pada angkatan Clean and Jerk, andalannya, ia memulai dengan angkatan 195 kg, lalu menambah beban menjadi 200 kg pada angkatan kedua yang berhasil dilakukan.

Prestasi puncak Rahmat terjadi saat angkatan ketiga, di mana ia memecahkan rekor dunia Clean and Jerk sebesar 209 kg, mengalahkan rekor sebelumnya 208 kg yang dipegang oleh lifter Bulgaria Nasar Karlos May Hasan pada Kejuaraan Dunia 2021.

Dengan hasil tersebut, Rahmat menjadi yang terbaik di Grup B dengan angkatan Snatch 145 kg dan Clean and Jerk 209 kg, serta total angkatan 354 kg. Kemenangan emas Rahmat dalam angkatan Clean and Jerk dipastikan setelah pesaing di Grup A hanya mampu mengangkat beban lebih rendah.

Prestasi luar biasa Rahmat dalam memecahkan rekor dunia Clean and Jerk di kategori 81 kg ini merupakan rekor dunia keduanya. Sebelumnya, ia juga berhasil memecahkan rekor dunia kategori 73 kg pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia, dengan angkatan 200 kg.

"Rahmat Erwin Abdullah adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan Rekor Dunia Clean and Jerk di dua kategori berbeda, 73 kg dan 81 kg," kata Hadi Wihardja, Bidang Pembinaan dan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI). "Maka, ia pantas mendapat julukan 'The King of Clean and Jerk'."

PABSI menurunkan 15 atlet nasional pada IWF World Championships 2023 di Riyadh, Arab Saudi yang digelar pada 4 – 17 September 2023. Prestasi para atlet nasional angkat besi pada Kejuaraan Dunia ini menjadi modal dasar yang kuat saat bersiap untuk berkompetisi dalam Asian Games di Hangzhou, Cina, dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement