Selasa 12 Sep 2023 21:30 WIB

Cetak Sejarah, Ketum PSSI Erick Thohir: Alhamdulillah, Kita Lolos Piala Asia U-23

Menurut Erick, ini momentum timnas tingkatkan level permainan di ajang internasional.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Endro Yuwanto
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah), pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong (kiri), dan pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri (kanan) menyaksikan pertandingan timnas Indonesia.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Ketum PSSI Erick Thohir (tengah), pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong (kiri), dan pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri (kanan) menyaksikan pertandingan timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA ---- Tim nasional (timnas) U-23 berhasil mencetak sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024. Kepastian ini diperoleh usai Indonesia membungkam perlawanan timnas Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0.

Indonesia unggul melalui gol yang dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92 dalam laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam. Hasil ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0.

Baca Juga

Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir bersyukur skuad Garuda Muda dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

"Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," ujar Erick selepas pertandingan.

Erick mengapresiasi perjuangan skuad Garuda Muda yang tampil begitu tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

"Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan official, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan," ucap Erick.

Erick memuji sikap para pemain yang bermain tenang. Menurut Ketum PSSI ini, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan. Erick mengatakan, kemenangan ini juga menjadi momentum timnas untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional.

"Setelah kemarin, menang lawan China Taipei, lalu sekarang menang lagi lawan Turkmenistan, tradisi kemenangan seperti ini yang harus terus kita jaga," lanjut Erick.

Erick menyampaikan kemenangan ini juga kian istimewa lantaran disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Ia juga berterima kasih kepada para pendukung dan masyarakat yang tidak pernah berhenti mensupport dan mendoakan timnas Indonesia.

"Terima kasih Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah datang mendukung langsung perjuangan Garuda Muda," kata Erick.

Dengan hasil ini, timnas U-23 menyusul kesuksesan timnas senior yang lebih dahulu memastikan satu tempat pada putaran final Piala Asia 2024 di Qatar.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement