Kamis 14 Sep 2023 08:23 WIB

Maguire tak Ambil Pusing Jadi Bahan Cemoohan Banyak Pihak: Saya Sudah Terbiasa

Maguire dikritik banyak pihak, terbaru ia disoraki pendukung Skotlandia.

Rep: Reja Irfa Wdodo/ Red: Israr Itah
Harry Maguire saat membela timnas Inggris
Foto: AP/Abbie Parr
Harry Maguire saat membela timnas Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Harry Maguire terus menjadi bahan cemoohan dan olok-olok suporter Skotlandia kala timnas Inggris bertandang ke Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. Sejak masuk sebagai pemain pengganti, Maguire selalu mendapatkan sorakan dan siulan tanda mengejek dari pendukung Skotlandia di laga uji coba tersebut.

Bek tengah Manchester United itu masuk menggantikan Marc Guehi pada menit ke-46. Maguire pun tercatat mampu mencetak gol di laga tersebut. Namun, Maguire malah mencetak gol ke gawang sendiri, tepatnya pada menit ke-67. Maguire salah mengantisipasi arah bola hasil umpan Andrew Robertson.

Baca Juga

Beruntung buat Maguire, The Three Lions sudah mencatatkan keunggulan dua gol sebelum melakukan gol bunuh diri tersebut. Inggris telah unggul via torehan Phil Foden dan Jude Bellingham. Tim besutan Gareth Southgate itu pun menambah keunggulan via gol Harry Kane pada menit ke-81 dan menutup laga dengan kemenangan, 3-1.

Setelah pertandingan, Southgate sempat mengecam cemoohan yang dilakukan fans Skotlandia terhadap Maguire. Bukan hanya itu, sebgaian pihak lain, termasuk mantan pemain dan pundit, juga dinilai Southgate memberikan kritik serta cemoohan yang berlebihan. Di matanya, hal itu kekanak-kanakan, konyol, dan lelucon. Sebab, ia menilai Maguire sudah berjasa banyak bagi Inggris dan masih menjadi sosok penting di pertahanan the Three Lions.

Maguire pun angkat bicara terkait cemoohan tersebut. Pemain yang masih menyandang status sebagai pemain bertahan termahal itu mengaku tidak ambil pusing atas cemoohan tersebut. ''Saya tidak bilang telah terbiasa dengan hal itu, tapi saya bisa menghadapinya,'' kata Maguire seperti dilansir Sky Sports, Kamis (14/8/2023).

Bek tengah berusia 30 tahun itu juga rela menjadi cemoohan pendukung tim lawan, apabila itu membuat tekanan terhadap rekan-rekan setimnya sedikit berkurang. Dengan begitu, para penggawa The Three Lions lainnya bisa tampil lebih baik.

''Sepertinya hal itu bisa sedikit menghilangkan tekanan terhadap rekan-rekan setim saya yang lain, dan biarkan hal itu ditujukan kepada saya. Hal itu membuat mereka tampil lebih baik,'' ujar pemain yang direkrut United dengan nilai transfer sebesar 80 juta poundsterling pada 2019 silam.

Ini bukan insiden pertama Maguire mendapatkan cemoohan dan olok-olokan suporter. Maguire menjadi bahan cemoohan pendukung timnas Inggris kala The Three Lions menghadapi Pantai Gading dan Jerman di laga uji coba 2022 silam. Hal serupa ia dapatkan dari pendukung Manchester United dalam ajang pramusim dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement