Kamis 14 Sep 2023 18:37 WIB

Sejak Sandang Ganda No 1 Dunia Performa Fajar/Rian Melempem, Kini Kandas di Hong Kong Open

Padahal sejumlah pemain top Cina, Korea, dan India tak ikut serta di Hong Kong Open.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak menyandang status pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia, penampilan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto justru melempem. Fajar/Rian sering kandas di babak-babak awal pada turnamen bulu tangkis yang diikutinya.

Di Hong Kong Open 2023, unggulan satu ini pun tak dapat berbuat banyak. Padahal dalam turnamen level 500 BWF ini sejumlah pemain top dari Cina, Korea, dan India tak ikut serta.

Baca Juga

Fajar/Rian kandas di babak kedua turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS ini. Dalam pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kamis (14/9/2023), Fajar/Rian kalah dari wakil China Taipei Fang Chih Lee/Fang Jan Lee 16-21, 19-21.

Fajar selepas laga mengakui permainannya tak sesuai harapan. Performa Fajar/Rian memang terkesan menurun sejak juara Al England Maret 2023 lalu. Fajar/Rian kini sering tersingkir di babak-babak awal turnamen.

"Jauh sekali dari yang kami harapkan. Di samping lawan yang bermain baik, sangat percaya diri dan tidak mudah mati sendiri, kami malah sebaliknya. Kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan di bola yang mudah, bola yang seharusnya tidak mati," kata Fajar. "Harus diterima hasil ini dan kami harus siap dengan kondisinya. Semua sudah terjadi dan kami harus berani keluar dari tekanan. Tak bosan-bosan mengevaluasi dan mengintrospeksi."

Dengan hasil ini, ganda putra Indonesia menyisakan dua pasangan di babak perempat final atau delapan besar yakni Ahsan/Hendra dan Leo/Daniel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement