Jumat 15 Sep 2023 09:59 WIB

Soal Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024 Masih Tanda Tanya

Sejauh ini belum dapat dipastikan kebenaran tersebut.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi futsal.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi futsal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini beredar kabar bahwa Indonesia batal jadi tuan rumah Grup B kualifikasi Piala Asia Futsal 2024, digantikan oleh Arab Saudi yang berada dalam satu grup bersama Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh akun media sosial @aseanfutsal pada Rabu (13/9/2033). Sejauh ini belum dapat dipastikan kebenaran tersebut. 

Pasalnya, informasi terakhir yang diumumkan AFC melalui laman resminya adalah penunjukan Thailand sebagai tuan rumah dari putaran final Piala Asia Futsal 2024 yang akan bergulir pada 17-28 April 2024. Dalam keterangan resminya pada 5 September 2023 itu disampaikan bahwa setelah meninjau Proses dan Evaluasi Penawaran dengan cermat, Komite, yang dipimpin oleh Ketua Mehdi Taj, merekomendasikan FA Thailand sebagai tuan rumah kompetisi edisi ke-17.

Baca Juga

Selanjutnya, AFC juga mengatakan bahwa 31 negara akan memperebutkan 15 tempat melalui babak kualifikasi untuk bergabung dengan Thailand. Kualifikasi itu akan diadakan di delapan tempat terpusat mulai 7 hingga 11 Oktober 2023. Dalam foto yang disematkan AFC dalam berita tersebut, Indonesia masih berstatus sebagai tuan rumah Grup B.

Namun, ASEAN Futsal melalui akun media sosialnya mengatakan Indonesia batal menjadi tuan rumah di babak kualifikasi tersebut. "Indonesia batal menjadi tuan rumah Grup B Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024. Sebagai gantinya Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Grup B Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024 tanpa perubahan jadwal," tulis ASEAN Futsal.

Padahal sebelumnya Federasi Futsal Indonesia (FFI) sudah mempersiapkan Istora Senayan, Jakarta, sebagai venue pertandingan di Grup B, yang rencananya dimulai awal Oktober 2023 mendatang. Bahkan, AFC sudah melakukan inspeksi dan memastikan Istora Senayan lolos sebagai tempat dipusatkannya laga grup itu.

Selanjutnya, beredar kabar bahwa FFI berencana memindahkan venue pertandingan dari Istora Senayan (Jakarta) ke Semarang, Jawa Tengah. Namun, AFC tak menyetujui relokasi tersebut. Republika.co.id sudah berusaha mengkonfirmasi hal ini kepada pengurus FFI melalui saluran telepon, tapi belum mendapatkan jawaban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement