Ahad 17 Sep 2023 17:31 WIB

Seusai Pesta Gol ke Gawang Real Betis, Barcelona Kian Pede Tatap Liga Champions

Barcelona diprediksi melenggang dengan mudah ke fase grup Liga Champions musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Total lima gol berhasil disarangkan Barcelona kala menjamu Real Betis pada jornada kelima La Liga Spanyol, Ahad (17/9/2023) dini hari WIB. Kemenangan besar itu pun dinilai memiliki dampak dalam persiapan Blaugrana menatap Liga Champions musim ini.

Joao Felix membuka keunggulan Barcelona di laga yang dihelat di Stadion Lluiys Company tersebut. Memanfaatkan umpan dari Oriol Romeu, Felix mencetak gol perdananya buat Blaugrana usai hijrah dari Atletico Madrid sebagai pemain pinjaman. Gol Robert Lewandowski pada menit ke-32 mengantarkan Barcelona menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Baca Juga

Dominasi tim tuan rumah berlanjut pada babak kedua. Ferran Torres, Raphinha, dan Joao Cancelo masing-masing menyumbang satu gol pada babak kedua. Barcelona pun menutup laga dengan kemenangan, 5-0, sekaligus menjadi kemenangan terbesar klub asal Katalan itu sejauh musim ini berjalan.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengakui, kemenangan itu bakal memberikan dampak besar dalam persiapan timnya menatap gelaran Liga Champions.

''Kemenangan itu meningkatkan moral, kredibilitas, dan kepercayaan diri tim. Kami akan menghadapi kompetisi penting. Kami semakin percaya diri menghadapi kompetisi itu,'' ujar Xavi seusai laga seperti dilansir Marca, Ahad (17/9/2023).

Dalam dua musim terakhir, kiprah Barcelona di pentas Liga Champions memang terbilang mengecewakan. Juara La Liga musim lalu itu tidak mampu lolos dari fase penyisihan grup. Torehan itu menjadi catatan terburuk Blaugrana di pentas Liga Champions sejak musim 2000/2001.

Di pentas Liga Champions musim ini, Blaugrana akan bersaing bersama Royal Antwerp, Shakhtar Donetsk, dan FC Porto di penyisihan Grup H. Menilik lawan yang akan dihadapi, Blaugrana diprediksi melenggang dengan mudah ke fase grup.

Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan mengawali kiprah di penyisihan Grup H Liga Champions dengan menerima lawatan Royal Antwerp, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB.

Xavi pun cukup optimistis bisa mengantarkan Blaugrana membuka kiprah di Liga Champions musim ini dengan torehan tiga angka. Selain kepercayaan diri yang terus meningkat, para penggawa Blaugrana juga diyakini bakal berusaha memberikan penampilan terbaik guna bisa dipercaya tampil sejak menit pertama di laga tersebut.

''Saya cukup tenang dan bahagia dengan hasil ini. Laga tengah pekan depan (kontra Royal Antwerp) akan sangat berbeda. Namun, kompetisi di tim utama membuat para pemain akan berusaha menampilkan yang terbaik. Saya rasa, itu dapat menjadi kunci sukses buat perjalanan tim pada musim ini,'' kata Xavi.

Khusus untuk penampilan dua pemain debutan Barcelona di laga ini, Joao Felix dan Joao Cancelo, Xavi mengaku begitu puas dengan performa keduanya. Seperti halnya Felix, Cancelo direkrut Barcelona dengan status sebagai pemain pinjaman. Cancelo dipinjam dari Manchester City. Baik Felix dan Cancelo sudah tidak lagi menjadi pilihan utama di klubnya masing-masing.

''Kita berbicara soal dua pemain yang memiliki kualitas luar biasa di level individu. Buat kami, kehadiran mereka berdua bisa memberikan tambahan variasi dan kualitas buat permainan tim ini. Sejauh ini kehadiran dua pemain ini sangat baik,'' jelas mantan kapten sekaligus gelandang Barcelona tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement