Rabu 20 Sep 2023 11:32 WIB

Berkali-kali AC Milan Gagal Cetak Gol ke Gawang Newcastle, Pioli Pegang Catatan Penting

Pioli menyayangkan tidak ada gol dari sejumlah peluang yang diciptakan Milan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli.
Foto: EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SIRO -- Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, membawa beberapa catatan dalam finishing saat Milan ditahan imbang tanpa gol oleh Newcastle United pada laga pembuka Grup F Liga Champions di Stadion San Siro, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB. Ia tidak melihat ada ketajaman meski menciptakan banyak peluang.

Kendati demikian, Pioli menegaskan sangat puas atas penampilan keseluruhan tim. Ia menilai anak asuhnya telah menjalankan sesuai yang direncanakan. Hanya satu yang disayangkan oleh Pioli tidak adanya gol dari sejumlah peluang yang diciptakan.

Baca Juga

Skuad I Rossoneri mengendalikan permainan dengan catatan 25 tembakan dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang. Sementara, Newcastle hanya menciptakan satu tendangan mengarah ke gawang.

“Sangat mudah untuk mengevaluasi performa karena kami mendominasi dalam segala hal, namun tidak menyelesaikan beberapa peluang mencetak gol yang sejujurnya cukup sederhana,” ujar Pioli kepada Milan TV, dikutip dari Football Italia, Rabu (20/9/2023).

Pioli mengeklaim Milan tampil lebih baik dibandingkan lawan. Tetapi risiko tidak mendapatkan poin sempurna didapatkan oleh tim yang kurang memiliki tekad meski dalam kualitas permainan baik. Salah satu contoh yang disesalkan Pioli adalah ketika Rafael Leao melakukan percobaan tembakan menggunakan tumit belakang setelah menggiring bola melewati separuh pertahanan Newcastle.

Pun dengan Olivier Giroud yang memilih melakukan percobaan dengan overhead daripada sundulan yang semestinya dilakukan. Menurut Pioli, dengan sejumlah peluang dan dominasi permainan Milan sangat layak Rossoneri meraih kemenangan.

“Tim dan fan pantas menang, jadi kami bisa pulang dengan kepala tegak malam ini. Saya berterima kasih kepada para penggemar yang memberi tepuk tangan kepada saya dan saya memahami mereka yang mencemooh. Sayangnya, kami tidak mendapatkan hasil yang kami inginkan," kata Pioli.

Pioli mengakui tidak mudah mengubah mental tim usai menelan kekalahan 1-5 dari Inter Milan akhir pekan kemarin. Namun, Pioli melihat ada reaksi bagus dari pemain dalam latihan jelang menghadapi Newcastle.

Pioli juga bicara tentang cedera Ruben Loftus-Cheek dan Mike Maignan. Menurutnya, kedua pemain itu mengalami masalah pada ototnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh staf medis. “Maignan merasakan kesemutan, katanya tak terlalu serius dan saya percaya padanya. Cedera Loftus-Cheek terutama karena kram," kata dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement