Kamis 21 Sep 2023 20:35 WIB

Liga Pro Saudi: Kesempatan Al Hilal Kokohkan Posisi di Puncak Klasemen

Al Hilal menjadi satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan di Liga Pro Saudi.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Al Ittihad player Karim Benzema celebrates the 2-1 goal during the Saudi League match between Al Ittihad and Al Hilal at Prince Abdullah al-Faisal Stadium, Jeddah, Saudi Arabia, 01 September 2023.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Al Ittihad player Karim Benzema celebrates the 2-1 goal during the Saudi League match between Al Ittihad and Al Hilal at Prince Abdullah al-Faisal Stadium, Jeddah, Saudi Arabia, 01 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Liga Pro Saudi telah memasuki pekan ketujuh. Selain diwarnai duel tim raksasa, Al Nassr kontra Al Ahli, Sabtu (23/9/2023) dini hari WIB, pekan ketujuh juga menjadi kesempatan buat Al Hilal untuk mengokohkan posisi di puncak klasemen sementara Liga Pro Saudi.

Al Hilal menjadi satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan di Liga Pro Saudi. Dari enam laga, tim besutan Jorge Jesus itu mencatatkan lima kemenangan dan satu hasil imbang. Al Hilal pun bertengger di peringkat teratas klasemen sementara dengan koleksi 16 poin.

Baca Juga

Namun, Al Hilal hanya unggul satu poin dari peringkat ketiga dan keempat, yang berturut-turut ditempati oleh Al Ittihad dan Al Ahli. Jika menilik lawan yang akan dihadapi dua pesaingnya itu, Al Hilal memiliki kesempatan untuk menjauh dari kejaran Al Ittihad dan Al Ahli.

Pasalnya, pada pekan ketujuh, Neymar dan kawan-kawan akan menghadapi penghuni zona degradasi, Damac FC, Kamis (21/9/2023) malam WIB. Blue Waves, julukan Al Hilal, pun diprediksi bisa pulang membawa tiga poin dalam lawatan ke markas Damac di laga tersebut.

Berbeda dari Al Hilal, Damac justru belum pernah merasakan satu pun kemenangan di enam laga awal Liga Pro Saudi dengan torehan tiga hasil imbang dan tiga kekalahan. Di laga terakhir, Damac menyerah, 1-4, di tangan Al Wehda. Dengan koleksi tiga poin dari enam laga, Damac terkapar di peringkat ke-17 klasemen sementara.

Di sisi lain, Al Hilal suskes berpesta gol di kesempatan terakhir tampil di Liga Pro Saudi, tepatnya kala membungkam Al Riyadh, 6-1. Laga itu sekaligus menjadi laga debut Neymar bersama Al Hilal. Meski hanya tampil sebagai pemain pengganti selama 26 menit, pemain yang diboyong dengan nilai transfer mencapai 90 juta poundsterling itu bisa menyumbang dua assist.

''Dia masih menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Dia telah menunjukkan kemampuan teknik yang berbeda dibanding pemain lain. Meski hanya berlatih dalam waktu singkat, dia sudah bisa memberikan kontribusi,'' ujar pelatih Al Hilal, Jorge Jesus, pasca laga tersebut.

Sudah cukup bugar untuk tampil selama 90 menit laga, Neymar kemungkinan besar akan diturunkan sebagai starter di laga kontra Damac tersebut. Bukan tidak mungkin, Neymar bisa mencetak gol perdananya buat Al Hilal di laga ini. 

Selain motivasi untuk bisa memimpin klasemen sementara Liga Pro Saudi, Al Hilal juga memiliki motivasi lain di laga ini. Al Hilal tentu berharap bisa kembali ke trek kemenangan setelah memetik hasil kurang memuaskan di laga Liga Champions Asia. Al Hilal ditahan imbang klub asal Uzbekistan, Navbahor Namangan, 1-1, awal pekan ini. 

Sementara Al Hilal bakal menghadapi tim papan bawah, Al Ittihad dan Al Ahli akan menghadapi lawan yang cukup berat pada pekan ketujuh. Al Ittihad, yang dimotori Karim Benzema, akan berduel dengan peringkat ketujuh klasemen sementara, Al Fateh, Jumat (22/9/2023) dini hari WIB atau beberapa jam berselang pasca laga Al Hilal kontra Damac.

Al Fateh bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. Al Fateh terbukti mampu memberikan kejutan saat membungkam klub bertabur bintang, Al Ahli, 5-1, awal bulan ini. Kemenangan itu kemudian dilanjutkan Al Fateh dengan keberhasilan membungkam Al Akhdoun di laga berikutnya.

Tantangan yang tidak kalah berat bakal dihadapi Al Ahli. Riyad Mahrez dan kawan-kawan akan menghadapi Al Nassr, yang diperkuat pengoleksi lima gelar Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo, Sabtu (23/9/2023) dini hari WIB. Duel ini menjadi duel dua tim bertabur bintang usai belanja besar-besaran kedua klub tersebut di jendela transfer awal musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement