Sabtu 23 Sep 2023 08:44 WIB

Verstappen Yakin Red Bull Kembali ke Performa Terbaik di GP Jepang

Verstappen menggambarkan sesi latihan bebas pada Jumat (22/9/2023) sebagai awal baik.

Pembalap Red Bull Max Verstappen
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Pembalap Red Bull Max Verstappen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pembalap Red Bull Max Verstappen mengaku yakin tim balapnya bisa kembali ke performa terbaiknya pada Grand Prix Jepang di Sirkuit Internasional Suzuka, akhir pekan ini. Verstappen menggambarkan sesi latihan bebas pada Jumat (22/9/2023) sebagai awal yang baik jelang sesi kualifikasi pada Sabtu (23/9/2023) dan balapan utama pada Ahad (24/9/2023).

“Sepertinya kami menjalani hari yang kuat. Ada banyak degradasi di trek ini, jadi menurut saya ini akan cukup sulit pada ban saat balapan. Namun sejauh ini, menurut saya kami mengawali akhir pekan dengan baik,” kata Verstappen, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

Baca Juga

Setelah 15 kemenangan balapan berturut-turut untuk Red Bull dan 10 kemenangan berturut-turut untuk Verstappen, dominasi mereka terputus di Grand Prix Singapura, akhir pekan lalu. Saat itu, Ferrari, McLaren, dan Mercedes berjuang untuk meraih kemenangan di tengah sirkuit menantang di Marina Bay.

Namun, di Sirkuit Suzuka yang lebih konvensional, yang memiliki banyak bagian yang menuntut kecepatan para pembalap, Verstappen memimpin kedua sesi latihan bebas dengan relatif mudah. Ia mengungguli pembalap Ferrari Charles Leclerc.

“Ya. Rasanya sangat menyenangkan (di sesi latihan bebas). Sejak putaran pertama, mobil kembali terasa nyaman untuk dikendarai,” kata Verstappen.

“Sepertinya ada persaingan agak ketat di belakang saya, antara Ferrari, McLaren, (mereka) dekat, jadi kita akan lihat nanti. Namun menurut saya pada akhirnya kami hanya fokus pada diri sendiri dan mencoba mengoptimalkan kinerja kami. Jika kami melakukan itu, saya yakin kami akan berjuang untuk posisi terdepan,” ujar pembalap Belanda itu.

Di sisi lain, rekan satu tim Verstappen yaitu Sergio Perez mengakhiri sesi latihan dengan hanya selisih satu detik lebih lambat dari Verstappen. Meski demikian, ia juga berbagi kesan pertama yang positif.

“Tentu saja, segala sesuatunya terlihat jauh lebih baik dibandingkan akhir pekan lalu, dan ini merupakan hal yang positif. Saya berharap dapat lolos dengan baik (di babak kualifikasi), karena degradasi tampaknya cukup tinggi di sekitar tempat ini, terutama dengan suhu panas yang kami perkirakan,” ujarnya menambahkan.

Didorong oleh keyakinannya untuk kembali bersaing memperebutkan posisi terdepan saat aksi tersebut berlangsung, dia mengaku cukup optimistis.

“Ya, saya yakin kami akan menjadi kuat di hari Sabtu dan juga pada hari Minggu,” kata pembalap asal Meksiko itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement