Sabtu 23 Sep 2023 16:53 WIB

Rebut Pole Position, Murid Valentino Rossi Ini Cetak Sejarah di GP India

Bezzecchi tercatat menjadi pembalap pertama yang meraih pole position di GP India.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Italia dari tim VR46, Marco Bezzecchi, yang juga dikenal sebagai salah satu anak didik legenda MotoGP, Valentino Rossi.
Foto: EPA-EFE/DANILO DI GIOVANNI
Pembalap MotoGP asal Italia dari tim VR46, Marco Bezzecchi, yang juga dikenal sebagai salah satu anak didik legenda MotoGP, Valentino Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, NOIDA -- Pembalap tim Mooney VR46, Marco Bezzechi, menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi GP India, Sabtu (23/9/2023) sore WIB. Pembalap Italia itu mencatatkan waktu 1 menit 48 detik saat menyelesaikan satu putaran Sirkuit Internasional Budh, yang memiliki panjang lintasan mencapai 5,01 kilometer tersebut.

Dengan hasil ini, anak didik pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi, itu berhak menempati posisi terdepan di starting grid sesi sprint race dan sesi balapan GP India. Rencananya, sesi sprint race akan digelar pada Sabtu (23/9/2023) petang WIB, sedangkan sesi balapan GP India bakal dihelat pada Ahad (24/9/2023) waktu setempat.

Baca Juga

Dengan keberhasilan ini, Bezzecchi tercatat menjadi pembalap pertama yang meraih pole position di GP India. Maklum, ini merupakan kali pertama India menjadi tuan rumah salah satu seri balapan MotoGP. GP India, yang bertepatan dengan seri ke-13 MotoGP musim ini, merupakan edisi perdana di sepanjang sejarah gelaran MotoGP.

Buat Bezzecchi, ini menjadi pole position ketiga hingga MotoGP musim ini telah menuntaskan seri ke-13. Sayangnya, di dua kesempatan terakhir meraih pole position, tepatnya di GP Belanda dan GP Inggris, Bezzecchi gagal mempertahankan posisi terdepan pada akhir sesi balapan.

Pembalap berusia 24 tahun itu memiliki kesempatan untuk memperbaiki rekor tersebut di GP India. Kendati begitu, Bezzecchi sepertinya akan mendapatkan perlawanan sengit dari sesama pembalap Ducati. Pebalap tim Prima Pramac Racing, Jorge Martin, menempati urutan kedua di starting grid dengan hanya mengantongi selisih waktu 0,04 detik dari Bezzecchi.

Juara bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia, melengkapi tiga posisi terdepan starting grid GP India, di belakang Martin dan Bezzecchi. Pembalap tim Ducati Lenovo itu mencatatkan waktu 1 menit 44,20 detik dalam melahap satu putaran Sirkuit Internasional Budh tersebut.

Kejutan ditunjukan para pembalap Repsol Honda di sesi kualifikasi. Joan Mir dan Marc Marquez berhasil menempati grid kedua di starting grid. Sementara Mir menempati posisi kelima, Marquez berada di posisi keenam. Ini bisa dibilang menjadi hasil terbaik dua pembalap Repsol Honda itu di sepanjang musim ini.

Mir dan Marquez akan mengawali sesi balapan dan sesi sprint race di belakang rekan setim Bezzecchi, Luca Marini, yang menempati posisi keempat di starting grid. Marini menorehkan catatan waktu 1 menit 44,21 detik.

Berikut hasil kualifikasi GP India:

1.  Marco Bezzecchi -- Mooney VR46 Ducati (GP22)

2.  Jorge Martin -- Pramac Ducati (GP23)

3.  Francesco Bagnaia -- Ducati Lenovo (GP23)

4.  Luca Marini -- Mooney VR46 Ducati (GP22)

5.  Joan Mir -- Repsol Honda (RC213V)

6.  Marc Marquez -- Repsol Honda (RC213V)

7.  Johann Zarco -- Pramac Ducati (GP23)

8.  Fabio Quartararo -- Monster Yamaha (YZR-M1)

9.  Maverick Vinales -- Aprilia Factory (RS-GP23)

10. Aleix Espargaro --Aprilia Factory (RS-GP23)

11. Raul Fernandez -- RNF Aprilia (RS-GP22)

12. Alex Marquez -- Gresini Ducati (GP22)

13. Fabio Di Giannantonio -- Gresini Ducati (GP22)

14. Brad Binder -- Red Bull KTM (RC16)

15. Takaaki Nakagami -- LCR Honda (RC213V)

16. Jack Miller -- Red Bull KTM (RC16)

17. Franco Morbidelli -- Monster Yamaha (YZR-M1)

18. Augusto Fernandez -- Tech3 GASGAS (RC16)

19. Miguel Oliveira RNF -- Aprilia (RS-GP22)

20. Pol Espargaro -- Tech3 GASGAS (RC16)

21. Stefan Bradl -- LCR Honda (RC213V)

22. Michele Pirro -- Ducati Lenovo (GP23).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement