Sabtu 23 Sep 2023 21:00 WIB

Messi Sudah Siapkan Opsi Karier Lain jika Pensiun dari Pentas Sepak Bola Profesional

Lionel Messi mengaku tidak tertarik untuk menjadi pelatih tim sepak bola.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi.
Foto: AP Photo/Gustavo Garello
Bintang timnas Argentina dan Inter Miami, Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Bintang asal Argentina, Lionel Messi, telah menginjak usia 36 tahun atau usia yang kerap dianggap telah memasuki periode akhir dari karier rata-rata pesepak bola profesional. Messi pun mengaku sudah memiliki rencana apabila nantinya memutuskan gantung sepatu.

Pemain dengan koleksi gelar pesepak bola terbaik dunia (Ballon d'Or) terbanyak sepanjang sejarah itu mengungkapkan keinginan untuk menjadi direktur olahraga sebuah klub jika sudah tidak lagi merumput di lapangan hijau. Alih-alih memilih untuk menjadi pelatih, Messi justru lebih tertarik untuk merintis karier sebagai direktur olahraga.

Baca Juga

Mantan bintang Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG) itu pun mengungkapkan, seperti halnya profesi lain, pesepak bola profesional memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Namun, sejak menandatangani kontrak sebagai pesepak bola profesional pada 2004, tepatnya saat bergabung bersama Barcelona, Messi menikmati profesi ini.

''Buat saya, ini adalah sebuah profesi. Saya cukup beruntung bisa melakoni profesi yang saya suka. Meski tetap ada tanggung jawab dan target, hal itu tetap menjadi sesuatu yang saya nikmati. Apa yang akan saya lakukan selanjutnya? Saya tidak tahu, tapi saya ingin menjadi direktur olahraga, bersama anak-anak saya, dan mengajar (sepak bola),'' kata Messi dalam wawancara dengan Olga seperti dilansir 90Min, Sabtu (23/9/2023).

Ini bukan kali pertama Messi mengungkapkan keinginan untuk menjadi direktur olahraga. Dalam wawancara dengan jaringan media asal Spanyol, La Sexta, pada 2020 silam, Messi juga mengungkapkan keinginan serupa. Dalam kesempatan yang sama, Messi bahkan mengaku tidak tertarik untuk menjadi pelatih.

''Saya tidak melihat diri saya sebagai pelatih (pada masa mendatang), mungkin lebih condong sebagai direktur olahraga yang bisa mendatangkan pemain yang saya inginkan atau klub butuhkan,'' kata Messi seperti dikutip Reuters, beberapa waktu lalu.

Hingga kini, Messi tercatat telah tampil lebih dari 1000 pertandingan resmi, baik di level klub ataupun bersama timnas Argentina. Pemain berjuluk La Pulga itu pun telah mencetak lebih dari 800 gol di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini.

Messi juga nyaris telah meraih semua gelar bergengsi, baik di level klub ataupun di level timnas. Mulai dari trofi Liga Champions, hingga gelar juara Piala Dunia buat Argentina. Berbagai koleksi trofi itu pun dilengkapi Messi dengan penghargaan individu, termasuk tujuh gelar Ballon d'Or.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement