Rabu 27 Sep 2023 12:14 WIB

8 Fakta Penting Jelang Duel Indonesia U-24 vs Uzbekistan di Asian Games Huangzhou 2022

Ini akan jadi laga yang penuh tantangan bagi timnas Indonesia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Indonesia U-24 saat melawan China Taipei U-24 di Asian Games Hangzhou. Timnas U-24 akan melawan Uzbekistan.
Foto: dok NOC Indonesia
Timnas Indonesia U-24 saat melawan China Taipei U-24 di Asian Games Hangzhou. Timnas U-24 akan melawan Uzbekistan.

REPUBLIKA.CO.ID, HUANGZHOU -- Tim nasional Indonesia U-24 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar cabang olahraga sepak bola Asian Games Huangzhou 2022. Duel tersebut berlangsung di Shangcheng Sports Center Stadium, Kamis (28/9/2023) pukul 15.30 WIB.

Bukan pertandingan yang mudah bagi skuad polesan Indra Sjafri. Penggemar di tanah air sangat menantikan aksi Garuda Muda meladeni ketangguhan salah satu negara pecahan Uni Soviet itu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah data dan fakta yang berkaitan dengan pertandingan ini:

Baca Juga

1 Indonesia U-24 berpotensi melewati pencapaian pada Asian Games sebelumnya. Pada edisi 2018, langkah awak merah putih terhenti di babak 16 besar. Evan Dimas dan rekan-rekan tak mampu melewati adangan Uni Emirat Arab.

2 Indonesia U-24 lolos ke babak 16 besar Asian Games Huangzhou 2022 sebagai salah satu dari peringkat ketiga terbaik di penyisihan grup. Sebelumnya, anak asuh Indra Sjafri, bertarung di Grup F.

3 Selama berpetualang di Grup F, Indonesia U-24 hanya sekali meraih kemenangan, yakni ketika unggul 2-0 atas Kirgistan. Selebihnya, pasukan Garuda takluk 0-1 dari Taiwan dan Korea Utara.

4 Ini merupakan pertemuan pertama Indonesia dan Uzbekistan di Asian Games. 

5 Kedua tim sudah dua kali bertemu di level senior. Itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1998 zona Asia. Saat laga berlangsung di Jakarta, skor berkesudahan imbang 1-1. Indonesia takluk 0-3 ketika bertandang ke markas Uzbekistan.

6 Lalu pada Piala Asia U-20 2023, kedua tim tergabung di grup A. Uzbekistan menjadi tuan rumah. Laga berkesudahan imbang 0-0.

7 Uzbekistan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022 sebagai juara Grup C. Di Grup C hanya ada mereka dan Hongkong. Dalam dua pertemuan untuk menentukan status juara grup, skuad polesan Timur Kapadze selalu menang dengan skor 1-0 dan 2-1.

8 Sebenarnya ada Afganistan dan Suriah yang sebelumnya tergabung di Grup C. Namun kedua tim tersebut mengundurkan diri beberapa hari jelang kompetisi dimulai.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement