Rabu 27 Sep 2023 13:08 WIB

Ini yang Buat Timnas Uzbekistan U-24 Jadi Lawan Paling Mengerikan di Asian Games 2022

Lini depan Uzbekistan tajam, pertahanan mereka tangguh.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Indonesia U-24. Timnas akan menghadapi Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar Asian Games 2022.
Foto: dok NOC Indonesia
Timnas Indonesia U-24. Timnas akan menghadapi Uzbekistan U-24 pada babak 16 besar Asian Games 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-24 akan menghadapi Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2022 (2023) setelah memastikan diri lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Adapun laga tersebut akan digelar di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023).  

Menjelang laga tersebut, pelatih Indra Sjafri telah menyiapkan taktik khusus agar bisa meredam permainan lawannya itu. Terlebih, skuad Garuda Muda juga ketambahan kekuatan baru di lini depan dengan hadirnya Ramadhan Sananta yang juga sudah mulai mengikuti sesi latihan bersama tim di lapangan Hangzhou Chen Jinglun Sports School-Southeast, Hangzhou, China (26/9/2023).

Baca Juga

"Sebelum persiapan pertandingan melawan Uzbekistan tanggal 28 September 2023, kita sudah cek semua pemain dalam keadaan siap, dan hari ini kita sudah menyiapkan game plan dari hasil laporan tim analis tentang kualitas pemain dari Uzbekistan," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (27/9/2023).

Di perhelatan ini, Uzbekistan tampil meyakinkan selama fase grup. Meskipun hanya berisi dua tim di Grup C, yakni Hong Kong dan Uzbekistan, tim asuhan Timur Kapadze mampu menyapu bersih dua kemenangan atas Hong Kong dengan skor masing-masing 1-0 dan 2-1. Indra tentu harus mewaspadai kekuatan tim berjuluk Young White Wolves itu.

Uzbekistan akan menjadi ancaman serius bagi tim asuhan Indra Sjafri terutama perihal ketajaman di lini depan. Sama seperti timnas Indonesia U-23, tim yang ditangani oleh Timur Kapadze itu juga berhasil mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024, tapi dengan catatan yang lebih gemilang.

Tercatat, selama babak kualifikasi, Young White Wolves telah mengemas 19 gol dan hanya kebobolan satu kali. Saat itu, Uzbekistan berada dalam satu grup dengan Afganistan, Hong Kong dan Iran. Mereka menaklukkan Afganistan dengan skor 8-1, Hongkong (10-0), dan Iran (1-0).

Di sisi lain, Indra Sjafri justru tidak bisa menurunkan salah satu pemain jangkar terbaiknya yakni Rachmat Irianto di laga melawan Uzbekistan nanti. Rian harus absen akibat akumulasi kartu kuning saat melawan Taiwan dan Korea Utara pada laga Grup F Asian Games 2023. Pemain Persib Bandung itu pun hanya bisa memberikan dukungan dari pinggir lapangan.

"Semoga pertandingan berjalan lancar nanti, persiapan dan perbaikan juga sudah dilakukan oleh para pelatih. Uzbekistan bukan lawan yang mudah, tetapi harus optimis, karena bola itu bundar, jadi tetap berikan yang terbaik," kata Irianto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement