Rabu 27 Sep 2023 20:58 WIB

Timnas Uzbekistan U-24 Lebih Diunggulkan, Rachmat Irianto tak Gentar

Timnas Uzbekistan merupakan runner-up edisi terakhir Piala AFC U-23.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) saat berselebrasi dengan rekannya, Rizky Ridho.
Foto: ANTARA/Humas PSSI
Pesepak bola timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) saat berselebrasi dengan rekannya, Rizky Ridho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang bertahan timnas Indonesia U-24, Rachmat Irianto, menilai Uzbekistan U-24 akan menjadi lawan yang bakal sulit ditaklukkan. Kendati begitu, gelandang bertahan Persib Bandung itu tetap optimistis dengan peluang Garuda Muda melenggang ke babak perempat final cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2022.

Indonesia U-24 akan berduel dengan Uzbekistan U-24 di babak 16 besar Asian Games 2022 yang bakal digelar di Stadion Shangcheng Sports Center, Kamis (28/9/2023) sore WIB. Laga ini diketahui menjadi duel perdana antara kedua tim nasional di kategori usia tersebut.

Baca Juga

Menilik catatan penampilan dan kiprah di turnamen sebelumnya, Uzbekistan U-24 rasanya lebih diunggulkan di laga ini. Tim besutan Timur Kapadze itu merupakan runner-up edisi terakhir Piala AFC U-23, tepatnya di gelaran Piala AFC U-23 2022. Di partai final, Uzbekistan dipaksa mengakui keunggulan Arab Saudi.

Dengan rentang usia yang tidak terlalu jauh berbeda, timnas Uzbekistan U-24, yang tampil di Asian Games 2022, bermaterikan pemain-pemain yang merumput di Piala AFC U-23 2022. Salah satunya adalah top skorer Piala AFC U-23 2022, Jasurbek Jaloliddinov.

Selain Jaloliddinov, ada pula tandemnya di lini serang, Khusain Nochaev. Pun dengan kehadiran pemain bertahan, Mukhammadkodir Khamraliev. Khusus untuk Jaloliddinov, penyerang berusia 21 tahun itu pun sudah membuka rekening golnya di gelaran Asian Games 2022, tepatnya saat merobek gawang Hong Kong di laga pamungkas penyisihan Grup C.

Tidak hanya itu, Uzbekistan U-24 juga menatap laga itu dengan kondisi fisik yang lebih prima. Pasalnya, berbeda dari Indonesia U-24, yang tampil di tiga partai di babak penyisihan grup, Uzbekistan U-24 hanya merumput di dua partai di fase penyisihan grup. Pasalnya, Suriah dan Afghanistan memilih untuk mundur dari cabor sepak bola putra Asian Games 2022.

Sederet alasan ini membuat Uzbekistan U-24 lebih diunggulkan untuk bisa melewati adangan Indonesia U-24 dan melaju ke babak perempat final. Namun, Irianto tidak gentar dengan status Uzbekistan U-24 tersebut. Menurut dia, tim pelatih telah menyiapkan berbagai cara untuk bisa menyulitkan Uzbekistan.

''Semoga pertandingan berjalan lancar. Persiapan dan perbaikan sudah dilakukan oleh para pelatih. Uzbekistan bukan lawan yang mudah, tetapi harus tetap optimistis. Bola itu bundar. Jadi, tetap berusaha berikan yang terbaik,'' kata Irianto seperti dikutip laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Rabu (27/9/2023).

Jelang laga kontra Uzbekistan U-24, Garuda Muda mendapatkan suntikan tenaga baru. Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, diketahui sudah bergabung bersama tim besutan Indra Sjafri tersebut. Irianto pun menyambut baik kehadiran penyerang berusia 20 tahun tersebut. Irianto menilai, Sananta dapat menjadi solusi kebuntuan di lini serang Garuda Muda yang melaju ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik penyisihan grup.

''Kedatangan Sananta, menurut saya, akan sangat membantu, karena kemarin kita kehilangan sosok striker. Saya dan rekan-rekan yang lain tentu akan mendukungnya,'' kata mantan gelandang bertahan Persebaya Surabaya tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement