Kamis 28 Sep 2023 14:56 WIB

Kehadiran Ramadhan Sananta Diharapkan Pertajam Lini Depan Indonesia U-24

Indra Sjafri menurunkan Ramadhan Sananta sebagai starter melawan Uzbekistan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia Ramadhan Sananta
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Penyerang timnas Indonesia Ramadhan Sananta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-24 berhasil memastikan tiket ke babak 16 besar Asian Games 2022 sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Kepastian ini mendorong pelatih timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri untuk memanggil Ramadhan Sananta yang sebelumnya urung bergabung lantaran masih harus bertugas di Persis Solo di Liga 1 2023/2024.

Sananta tiba ke Hangzhou tak lama setelah Indonesia U-24 memastikan tiket 16 besar. Ia diturunkan sebagai starter melawan Uzbekistan U-24. Ketersediaan pemain berusia 20 tahun itu tentu menjadi kabar baik bagi skuad Garuda Nusantara. Sananta menjadi kekuatan baru yang diharapkan bisa mempertajam lini depan tim asuhan Indra Sjafri di turnamen tersebut.

Baca Juga

"Di 16 besar ini Sananta sudah hadir dan diharapkan bisa menutup kekosongan atau minimnya lini depan kita karena Titan Agung tidak begitu bermain maksimal sejauh ini di tiga laga yang sudah dimainkan," kata pengamat sepak bola nasional Akmal Marhali, Kamis (28/9/2023).

Tanpa Ramadhan Sananta, Timnas Indonesia hanya mampu mencetak 2 gol di fase grup dan hampir tidak berlanjut ke babak selanjutnya. Beruntung tim Merah Putih mendapatkan slot sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dan akan berhadapan dengan Uzbekistan. Sananta punya sedikit waktu untuk mempersiapkan diri bersama tim jelang laga tersebut. 

"Tapi datang belakang tentunya butuh adaptasi dan tidak bisa langsung nyetel walaupun pemain-pemain yang hadir adalah pemain yang biasa bermain bersama Sananta. Saya pikir kita tidak bisa berharap dan bertumpu hanya pada Sananta tapi kita berharap seluruh pemain yang tampil di lapangan siapa pun mereka yang dipilih oleh pelatih mereka bisa menunjukkan permainan terbaik mereka dan berjuang maksimal," kata Akmal.

Di samping itu, Indonesia juga harus mewaspadai keganasan Uzbekistan U-24. Tim berjuluk Young White Wolves itu memang tidak menunjukkan gol yang fantastis di fase grup melawan Hongkong U-24 di mana hanya meraih kemenangan tipis 1-0 dan 2-1. Mamun Indonesia harus melihat performa gemilang mereka di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Di ajang itu, Uzbekistan menorehkan catatan gemilang dengan mengemas 19 gol dan hanya kebobolan satu kali. Saat itu, Uzbekistan berada dalam satu grup dengan Afganistan, Hongkong, dan Iran. Mereka menaklukkan Afganistan dengan skor 8-1, Hongkong (10-0), dan Iran (1-0).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement